Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 14 Jul 2022 12:00 WIB ·

Ternyata Inilah Manfaat Berkebun Bagi Kesehatan Fisik dan Mental


Img: pexels-valeria-ushakova Perbesar

Img: pexels-valeria-ushakova

Kegiatan berkebun memberikan sejumlah manfaat kesehatan mental. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, juga dapat membantu mengatasi kecemasan, stres, dan depresi.

Keunggulan ini bahkan bisa dirasakan oleh seseorang yang baru saja mulai berkebun atau baru mencobanya sekali. Menurut Charles Guy, profesor emeritus lingkungan hortikultura di University of Florida. Para peneliti juga menemukan bahwa wanita menuai manfaat terbesar dari berkebun.

Studi ini menemukan bahwa wanita yang mengambil kelas berkebun dua kali seminggu memiliki tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang lebih rendah. Penelitian yang dipublikasikan pada 6 Juli 2022 di jurnal PLOS ONE ini melibatkan 32 wanita berusia 26 hingga 49 tahun.

Semua peserta dalam keadaan sehat, artinya tidak sedang menjalani pengobatan gangguan jiwa atau menderita penyakit kronis lainnya. Setengah dari wanita menghadiri sesi berkebun, sementara setengah lainnya berpartisipasi dalam kelas seni. Berikut adalah manfaat berkebun bagi kesehatan:

Membantu menurunkan berat badan

Bekerja di kebun setidaknya selama 30 menit beberapa kali seminggu, percaya atau tidak, dapat membantu kamu membakar kalori dan menurunkan berat badan. Bahkan, National Institute of Health merekomendasikannya sebagai aktivitas 30-45 menit untuk memerangi obesitas.

Menggali lubang, menyiangi, dan menanam adalah contoh pembakaran kalori dalam pekerjaan ini. Seorang wanita membakar 150 kalori saat menggali lubang yang sebenarnya, sementara seorang pria membakar 195 kalori.

Menyiangi akan membantu seorang wanita membakar 156 kalori dan seorang pria membakar 157, sementara menanam akan membantu seorang wanita membakar 135 kalori dan seorang pria membakar 177. Jadi, melakukan salah satu aktivitas menyenangkan ini selama 30-45 menit akan memberikan manfaat yang sama seperti bersepeda sejauh 5 mil.

Mengurangi depresi dan memperbaiki pandangan hidup

Aktivitas menunggu hasil berkebun, baik itu pohon buah-buahan, sayuran, atau bahkan bunga-bunga indah, dapat membantu mengarahkan hidup kita ke arah yang lebih positif. Oleh karena itu, kegiatan berkebun dapat berdampak pada emosi pencapaian mereka yang berpartisipasi di dalamnya karena membantu memperjelas tujuan hidup.

Merupakan latihan yang baik

Berkebun menggabungkan tiga jenis latihan utama: daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.  Namun, seperti yang dikatakan oleh ahli hortikultura dan penulis Steve Upson, “Berkebun membutuhkan banyak waktu dan usaha. Olahraga hanyalah pekerjaan biasa.”

Pada dasarnya, jauh lebih baik untuk menikmati berkebun dan menuai semua manfaatnya daripada berolahraga dan hanya menerima beberapa manfaat yang diberikan oleh bentuk olahraga tertentu yang kamu pilih. Ada unsur cinta di dalamnya, terutama untuk makhluk hidup, khususnya tanaman, jadi berkebunlah bila memungkinkan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan