Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 3 Sep 2022 14:31 WIB ·

Ini Khasiat Biji Mahoni yang Jarang Orang Tahu!


Img: sehatnews.id Perbesar

Img: sehatnews.id

Pernahkah kamu menemukan pohon mahoni? Pohon mahoni cukup umum dan biasanya tumbuh di pinggir jalan dengan daun yang rindang. Pohon mahoni tidak hanya menyediakan tempat berteduh, tetapi juga menghasilkan benih dengan khasiat yang unik. Biji mahoni berbentuk pipih dan berwarna coklat tua. Bagian ini memiliki rasa yang pahit, namun manfaat ini sudah banyak diketahui. Biji mahoni mengandung flavonoid, saponin, dan alkaloid yang semuanya berperan sebagai antioksidan.

Namun, ini tidak bisa dikonsumsi secara langsung dan harus diolah, mirip dengan minuman teh. Kamu hanya perlu menyeduhnya untuk menuai manfaat dari bijinya.

Berikut beberapa khasiat biji mahoni untuk kesehatan:

Melancarkan peredaran darah

Manfaat yang pertama adalah dapat melancarkan peredaran darah. Mengkonsumsi juga efektif untuk membersihkan pembuluh darah dari kolesterol yang tersumbat dan menurunkan tekanan darah. Buat kamu yang ingin terhindar dari penyakit jantung dan stroke bisa makan biji mahoni ini.

Membantu mengatasi gangguan tidur

Apakah kamu mengalami masalah tidur? Ini, tanpa perlu kamu ragukan lagi, tentu ini adalah kondisi yang sulit. Terutama di pagi hari, kamu memiliki sejumlah aktivitas yang harus kamu selesaikan. Alhasil, malam hari seharusnya menjadi waktu istirahat yang optimal.

Kamu bisa makan ini untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak. Ini karena mengandung saponin dan flavonoid yang efektif dalam mengobati insomnia. Kandungan nya dapat mengendurkan dan menenangkan otot-otot kamu. Hasilnya, kamu akan tidur lebih nyenyak dan lebih lama.

Meredakan nyeri haid

Biji mahoni juga dapat digunakan untuk mengobati kram menstruasi. Ketika datang masa menstruasi, sebagian besar wanita mengalami kondisi ini. Sakit di perut bisa membuat seseorang tidak bisa berbuat apa-apa dan ingin berbaring seharian.

Ini mengandung flavonoid dan mineral penting lainnya yang membantu meredakan nyeri saat menstruasi. Lalu ada sifat anti-inflamasi yang membantu kamu menghilangkan rasa sakit.

Membantu mengontrol berat badan

Masalah berat badan mempengaruhi sebagian besar orang, baik pria maupun wanita. Akibatnya, sangat penting untuk mempertahankan kontrol berat badan yang ketat. Kamu bisa makan biji mahoni selain memperhatikan pola makan dan olahraga.

Biji mahoni memiliki sifat hipoglikemik, yang menjaga kadar gula darah tetap normal dan menjaga kadar insulin agar tidak meningkat. Ini juga akan mencegah pelepasan lipase, enzim yang bertanggung jawab untuk pemecahan lemak makanan. Akibatnya, tubuh akan menyerap lebih sedikit lemak di kemudian hari.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 1,191 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan