Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 30 Nov 2023 19:45 WIB ·

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan


Ilustrasi Buah Anggur (img:  pexels.com by kaichieh chan) Perbesar

Ilustrasi Buah Anggur (img: pexels.com by kaichieh chan)

Buah anggur dapat memiliki warna hijau, merah, atau hitam, dan selain kelezatannya, buah ini juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan dari buah anggur dapat di rasakan baik saat di konsumsi mentah maupun setelah di olah menjadi jus, jelly, selai anggur, atau berbagai bentuk olahan lainnya. Buah anggur mengandung polifenol, senyawa yang memberikan warna cerah pada buah tersebut. Berikut ini ada beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

Mencegah kanker

Ilustrasi Kanker (img: umsu.ac.id)

Kulit dan ekstrak biji buah anggur mengandung bahan alami yang dapat memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut, esofagus, faring, paru-paru, endometrium, usus besar, pankreas, dan prostat.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat Buah Anggur

Ilustrasi Tekanan Darah (img: id.m.wikipedia.org)

Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan tinggi dalam buah anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, buah anggur kaya akan kalium yang membantu mengimbangi efek natrium dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Meningkatkan daya ingat

Manfaat Buah Anggur

Ilustrasi Daya Ingat (img: pexels.com by pixabay)

Sementara itu, Studi menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif, memperlambat proses penuaan, meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik, serta mengatasi gangguan saraf otak, termasuk pada penyakit Alzheimer.

Mengurangi risiko diabetes

Manfaat Buah Anggur

Ilustrasi Buah Anggur (img: pexels.com by kaichieh chan)

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga porsi buah seperti anggur, blueberry, kismis, apel, atau pir per minggu dapat mengurangi risiko penyakit gula tipe 2. Anggur, dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, di anggap sebagai pilihan baik untuk di konsumsi oleh individu yang memiliki penyakit gula.

Manfaat Buah Anggur untuk Melindungi retina mata

Ilustrasi Mata (img: pexels.com by michael morse)

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi buah anggur secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada retina mata, seperti degenerasi makula. Selain itu, mengonsumsi ekstrak biji anggur juga dapat mengurangi ketegangan pada mata yang di sebabkan oleh paparan sinar yang terlalu terang.

Manfaat Buah Anggur dapat Memperlambat proses penuaan

 

Buah anggur juga mengandung resveratrol, suatu senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit degeneratif, merangsang aktivitas gen yang mempengaruhi panjang usia, serta mendukung kelangsungan hidup sel. Tidak hanya itu, anggur juga mengandung lemak tak jenuh berlebih.

 

Itulah pembahasan lengkap mengenai manfaat anggur untuk kesehatan. Dengan berbagai manfaat kesehatan yang di milikinya, buah anggur sebaiknya tidak terlewatkan dari daftar menu makanan sehat sehari-hari.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP

Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

20 November 2023 - 17:13 WIB

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan