Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 23 Jun 2022 18:23 WIB ·

Manfaat dan Kandungan Nutrisi yang Dalam Buah Sirsak, Apa Saja?


Img: Freepik Perbesar

Img: Freepik

Saat dimakan, sirsak merupakan buah yang enak dan menyegarkan. Selain itu, mengkonsumsi buah sirsak memberikan banyak manfaat kesehatan.

Kandungan gizi ini tidak lepas dari manfaatnya. Serat, protein, vitamin C, vitamin B, kalsium, kalium, dan berbagai nutrisi lainnya adalah contohnya.

Sering diolah menjadi berbagai makanan di Indonesia, antara lain jus, puding, es buah, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena buah ini cukup populer karena rasanya yang manis dan asam yang enak saat dikonsumsi. 

Kandungan nutrisi dalam satu porsi buah sirsak

Satu porsi buah sirsak, atau kurang lebih 200 gram, mengandung kurang lebih 110-130 kalori. Selanjutnya, menurut Alodokter buah ini mengandung nutrisi berikut:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Magnesium
  • Kalsium

Selain buahnya yang dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, daun dan akarnya juga sama-sama bermanfaat dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Menurut Guardian, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah penuh nutrisi ini:

Meningkatkan imun tubuh

Salah satu manfaat makan buah ini adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini mengandung fakta bahwa mengandung vitamin C konsentrasi tinggi, yang dapat membantu dalam memerangi patogen dan melindungi kulit dari kerusakan oksidasi.

Buah sirsak juga mengandung fitosterol, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta flavonoid, yang dapat melawan berbagai radikal bebas.

Melawan peradangan

Merupakan salah satu jenis buah yang tinggi antioksidan. Akibatnya, antioksidan dalam buah sirsak dapat melawan berbagai jenis peradangan, seperti asma, penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan lain-lain.

Melancarkan pencernaan

Sirsak meredakan sembelit dengan memperlambat pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Dengan menurunkan kadar kolesterol tinggi, telah terbukti menjadi pengobatan pencegahan yang sangat baik untuk penyakit jantung.

Buah sirsak mengandung sifat antivirus dan antiparasit yang dapat membantu mencegah cacing usus dan parasit menyusup ke saluran pencernaan. Mengkonsumsi buah ini karena itu bermanfaat untuk sistem pencernaan.

Menstabilkan tekanan darah

Buah sirsak memiliki kandungan kalium dan zat besi yang tinggi. Hal ini dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selanjutnya, potasium di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Untuk menghindari efek samping, jangan mengkonsumsi buah secara berlebihan. Dan, untuk mendapatkan manfaat terbesar sambil meminimalkan efek samping, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan