Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 24 Agu 2022 12:00 WIB ·

5 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Img: Pexels/Dominika Roseclay Perbesar

Img: Pexels/Dominika Roseclay

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa daun mint dapat dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terlepas dari fungsinya, ia sering dicampur ke dalam makanan atau minuman karena aromanya yang khas. Daun mint yang juga dikenal dengan nama peppermint memiliki nama latin Mentha piperita L. dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.

Maka jangan heran jika daun mint ada dalam segala hal mulai dari permen karet, penyegar nafas, pasta gigi, obat kumur, hingga minyak angin atau minyak aromaterapi. Menurut halodoc, berikut ini adalah manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang kebanyakan orang tidak sadari:

Atasi gangguan pencernaan

Manfaat kesehatan pertama dari adalah membantu kamu dari masalah pencernaan. Tanaman hijau ini dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan merangsang enzim pencernaan.

Ini karena minyak mint mengandung metanol yang efektif meredakan gangguan pencernaan dan memiliki sifat antiseptik dan antibakteri.

Sistem kekebalan tubuh meningkat

Karena daun mint mengandung fosfor, kalsium, dan vitamin C, D, E, dan A yang tinggi, maka manfaat tanaman tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mereka juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, menurunkan risiko penyakit kronis atau berbahaya jika dikonsumsi secara rutin.

Dapat meningkatkan fungsi otak

Tanaman ini memiliki manfaat kesehatan otak. Ini karena aroma khas daun mint. Menghirup aroma minyak esensial dari tanaman ini ternyata memberikan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mencium minyak mint selama lima menit meningkatkan daya ingat secara signifikan. Selanjutnya, aroma minyak ini dapat menyegarkan dan mengurangi rasa lelah.

Meredakan gejala pms

Banyak wanita mengalami gejala PMS atau sindrom pramenstruasi saat menstruasi, salah satunya adalah kram perut.

Menurut penelitian yang terbit dalam jurnal Iran, bahan tersebut dapat membantu meredakan kejang otot di usus besar, yang dapat menyebabkan kram.

Kemudian, dengan meminum teh atau ekstrak daun mint ini selama tiga hari, kamu akan dapat mengurangi rasa kram perut.

Meredakan sindrom iritasi usus besar

Sindrom iritasi usus adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang paling umum. Sakit perut, sembelit, diare, perut kembung, dan gangguan pencernaan dapat terjadi.

Sindrom iritasi usus besar bisa terbantu oleh bahan tersebut. Ini memberikan manfaat karena minyak mint mengandung senyawa mentol yang memiliki kemampuan untuk mengendurkan otot-otot saluran pencernaan.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan