Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 29 Mei 2022 14:00 WIB ·

3 Manfaat Gap Year yang Jarang Dimanfaatkan


Img: pixabay.com Perbesar

Img: pixabay.com

Gap year adalah suatu kegiatan menunda kuliah dalam waktu satu atau dua tahun. Masa gap year sering kita sebut juga sebagai kegiatan cuti. Beberapa orang menganggap bahwa gap year merupakan suatu aib atau kegagalan. Padahal, gap year merupakan satu kesempatan untuk kita dapat mengambil manfaat yang gap year miliki. Namun, banyak dari kita yang belum sadar dan melek atas manfaat tersebut. Karena itulah banyak yang jarang memanfaatkan manfaat-manfaat dari gap year. Nah, berikut adalah 3 manfaat gap year yang jarang dimanfaatkan.

 

1. Memiliki kesempatan untuk refleksi diri

Dengan gap year atau mengambil cuti dalam 1 atau 2 tahun, kita dapat memiliki kesempatan untuk melakukan refleksi diri. Pada momen ini, kamu dapat melihat ke dalam diri kamu sendiri apa sebenarnya minat dan bakat yang kamu miliki. Dengan mengetahui bakat dan minat diri sendiri, kamu dapat memikirkan kembali jurusan apa yang akan kamu ambil di dunia perkuliahan. Melalui hal ini kamu akan terhindar dari adanya ‘salah jurusan’ yang akan merugikan kamu di masa depan nantinya. 

Selain memikirkan perihal akademik dan minat bakat, kamu juga bisa merefleksi diri kamu untuk menemukan diri kamu yang lebih dewasa. Dengan momen ini, waktu yang kamu luangkan di masa gap year akan benar-benar bermanfaat.

 

2. Memiliki waktu yang lebih untuk fokus belajar SBMPTN

Manfaat berikutnya yang bisa kamu manfaatkan melalui masa gap year adalah kamu dapat memiliki waktu ekstra untuk fokus UTBK SBMPTN. Kamu dapat mengikuti bimbingan belajar atau bimbel untuk fokus pada ujian masuk perguruan tinggi. Selain itu, kamu bisa mengikuti kegiatan lain seperti try out.

 

3. Berkesempatan untuk mengeksplorasi hal baru

Selain kedua manfaat di atas, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan manfaat lain, yaitu memiliki waktu untuk mengeksplorasi hal baru. Hal-hal baru yang dapat kamu eksplorasi itu beranekaragam, mulai dari mengeksplorasi skill yang kamu miliki hingga memanfaatkan hobi. Kamu bisa memulai mengeksplorasi skill dengan mengikuti kursus atau pelatihan untuk melatih hard skill ataupun soft skill yang kamu miliki.

 

Nah, itulah 3 manfaat gap year yang jarang dimanfaatkan. Dengan memanfaatkan masa gap year ini kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal baik untuk pengembangan diri maupun akademis. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Hambatan Mobilitas Sosial

23 April 2024 - 21:24 WIB

Kena Blacklist di UTBK SNBT 2024, Berikut 7 Penyebabnya!

22 April 2024 - 20:17 WIB

Tips dapat nilai bagus

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing
Trending di Edukasi