Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 23 Jul 2022 12:00 WIB ·

Ini Manfaat Jahe Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol?!


Img: pexels-joris-neyt Perbesar

Img: pexels-joris-neyt

Jahe dikenal karena kemampuannya untuk menghangatkan tubuh serta meredakan batuk dan pilek. Namun, ada beberapa manfaat lain dari jahe yang belum banyak diketahui orang.

Manfaatnya bagi kesehatan lebih dari sekadar menghangatkan tubuh dan bertindak sebagai obat flu alami. Salah satu tanaman rempah ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Jahe mengandung beberapa senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain Zingeron, Gingerol, Terpenoid, dan Phenolic. Selain itu biasanya berguna sebagai obat herbal untuk mengobati batuk dan pilek.

Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui yang berasal dari berbagai sumber:

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kesehatan pertama dari jahe adalah membantu menurunkan berat badan. Bahan ini mengandung senyawa Gingerol yang dapat meningkatkan laju metabolisme dan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Senyawa gingerol yang terkandung juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Manfaat jahe untuk kesehatan adalah mampu menurunkan berat badan karena manfaat Gingerol.

Menurunkan Gula Darah

Salah satu manfaat kesehatan jahe yang telah terbukti adalah membantu menurunkan gula darah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Pharmacology mengungkapkan manfaat rempah menyerupai ginseng ini dalam menurunkan gula darah. Menurut penelitian, konsumsi jahe secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga 35% sekaligus meningkatkan kadar insulin plasma sebesar 10%.

Meredakan Nyeri Haid

Selain itu, manfaatnya untuk kesehatan dianggap membantu meredakan kram perut dan nyeri haid. Jahe mengandung zat alami yang dapat menghambat produksi prostaglandin (zat yang berperan dalam merangsang otot rahim untuk berkontraksi selama periode menstruasi).

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa jahe dapat membantu mengontrol perdarahan menstruasi yang berlebihan. Menurut temuan penelitian ini, mengonsumsi jenis rempah ini tiga hari sebelum menstruasi dapat membantu mengurangi pendarahan berlebih saat menstruasi.

Menurunkan kolesterol

Manfaat kesehatan lain adalah menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi jahe secara teratur dapat membantu melawan kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Satu studi juga berhasil menunjukkan manfaatnya bagi kesehatan dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Studi tersebut menemukan bahwa makan 5 gram setiap hari selama tiga bulan menurunkan kolesterol LDL sebesar 17,4 persen.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan