Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 28 Jul 2022 18:00 WIB ·

3 Manfaat Kacang Hijau bagi Tubuh dan Peringatannya!


Img: pexels-vie-studio Perbesar

Img: pexels-vie-studio

 

Kacang hijau kaya akan vitamin A, C, dan K, serta asam folat, serat, zat besi, magnesium, dan kalium. Alhasil, ada banyak sekali manfaat kacang hijau untuk kesehatan, termasuk manfaatnya untuk ibu hamil.

Mereka memiliki nutrisi yang mirip dengan kacang polong dan okra. Selanjutnya, banyak penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan.

Secara umum, makan buah dan sayuran meningkatkan kesehatan kulit, peningkatan energi, dan penurunan berat badan. Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan, termasuk manfaat kacang hijau untuk ibu hamil?

Mencegah kanker

Manfaat kesehatan yang pertama adalah dapat membantu mencegah kanker. Karena mereka ini mengandung klorofil yang tinggi. Zat ini dapat menghambat efek karsinogenik amina heterosiklik yang dihasilkan selama pemanggangan daging pada suhu tinggi.

Untuk mengurangi risiko kanker, orang yang suka makan makanan panggang atau panggang juga harus mengonsumsi sayuran hijau.

Kacang hijau untuk ibu hamil

Selanjutnya, manfaat untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan asam folat. Suplementasi asam folat juga diperlukan selama kehamilan untuk melindungi janin dari cacat tabung saraf.

Satu cangkirnya dapat mengandung sekitar 10% kebutuhan asam folat harian dan 6% kebutuhan zat besi harian.

Kesehatan tulang

Salah satu manfaat mereka adalah baik untuk kesehatan tulang. Konsumsi vitamin K yang cukup meningkatkan kesehatan tulang dengan mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan menurunkan ekskresi kalsium urin.

Satu cangkir kacang hijau mengandung 14,4 mikrogram vitamin K, yang merupakan hampir 20% dari kebutuhan harian, serta 4% dari kebutuhan kalsium harian.

Peringatan!

Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah seperti coumadin atau warfarin sebaiknya menghindari makanan yang mengandung vitamin K tinggi karena dapat menyebabkan pembekuan darah. Selain itu, juga mengandung lektin, yaitu sejenis protein yang mengikat karbohidrat dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Mereka juga mengandung asam fitat, yang mengikat mineral dan mencegah penyerapannya oleh tubuh. Orang dengan kekurangan mineral harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum makan banyak kacang hijau.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan