Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 3 Sep 2022 18:00 WIB ·

5 Manfaat Kayu Manis yang Baik Bagi Tubuh


Img: pexels-mareefe Perbesar

Img: pexels-mareefe

Kayu manis adalah rempah-rempah yang terkenal dengan kelezatannya. Kayu manis umumnya digunakan sebagai bahan penyedap pada kue, masakan, dan minuman. Namun, tahukah kamu bahwa jenis rempah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Menurut Healthline, bumbu manis dan sedikit pedas ini telah terkenal sejak ribuan tahun karena khasiat obatnya.Yuk, simak apa saja!

Baik untuk metabolisme

Kayu manis adalah rempah-rempah yang berasal dari kulit bagian dalam pohon yang kita kenal secara ilmiah sebagai Cinnamomum. Kayu manis hadir dalam setidaknya dua varietas: Kayu Manis Ceylon dan Kayu Manis Cassia.

Aroma dan rasa yang berbeda karena bagian berminyak, yang mengandung senyawa cinnamaldehyde yang tinggi. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa ini bertanggung jawab atas sebagian besar efek kesehatan dan peningkatan metabolisme yang kuat dari jenis rempah ini.

Mengandung antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh kamu dari kerusakan oksidatif radikal bebas.

Perlu kamu catat bahwa jenis rempah ini mengandung antioksidan tinggi seperti polifenol. Ini juga menjadi yang teratas dalam sebuah penelitian yang membandingkan aktivitas antioksidan dari 26 rempah-rempah, bahkan mengungguli bawang putih dan oregano.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Jenis rempah ini telah berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, yang merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Sejumlah 1 gram, atau sekitar setengah sendok teh, konsumsi per hari telah terbukti meningkatkan penanda darah pada penderita diabetes tipe 2.

Rempah ini dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL (“kolesterol jahat”), dan trigliserida sambil mempertahankan kolesterol HDL (“kolesterol baik”). Semua faktor ini dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurunkan risiko diabetes

Ini terkenal karena sifat penurun gula darahnya, selain tinggi antioksidan. Rempah ini dapat menurunkan gula darah melalui berbagai mekanisme selain resistensi insulin.

Ini juga telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang memasuki aliran darah kamu setelah makan. Senyawa ini bekerja dengan mengganggu banyak enzim pencernaan, memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan kamu, dan kemudian bekerja pada sel dengan meniru insulin.

Sejumlah penelitian pada manusia telah mengkonfirmasi sifat antidiabetes di kayu manis, menunjukkan bahwa rempah ini dapat mengurangi kadar gula darah puasa sebesar 10-29 persen. Dosis efektif biasanya 1-6 gram per hari, atau sekitar 0,5-2 sendok teh.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan