Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 9 Nov 2022 18:00 WIB ·

Manfaat Salicylic Acid Bagi Kulit Wajah


Omg: Pexels/Sora-Shimazaki Perbesar

Omg: Pexels/Sora-Shimazaki

Manfaat Salicylic Acid Bagi Kulit Wajah –Salicylic acid atau asam salisilat, bahan umum dalam obat jerawat, mungkin tidak asing bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat. Mereka yang mengenali nama bahan ini mungkin menemukannya dalam produk perawatan kulit wajah seperti toner exfoliasi, serum exfoliasi, dan pencuci muka.

Selain asam salisilat, kamu harus familiar dengan kelompok asam yang biasa ada dalam exfoliasi wajah, yaitu alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) (BHA). Karena struktur molekulnya berbeda, AHA larut dalam air sedangkan BHA larut dalam minyak. Asam glikolat, asam laktat, dan asam sitrat termasuk di antara asam dalam kelompok AHA, sedangkan asam salisilat adalah satu-satunya asam dalam kelompok BHA.

Saat kita gunakan sebagai bahan skincare, kedua jenis asam ini melakukan hal yang sama: memutuskan ikatan yang menjaga sel-sel kulit mati menempel di permukaan kulit dan tidak meluruh, menyebabkan kulit wajah terasa kasar dan terlihat kusam. Sel-sel kulit mati ini memang mengelupas secara alami, tetapi kecepatannya melambat seiring bertambahnya usia. Di sinilah AHA dan BHA berperan untuk membantu mempercepat prosesnya. Saat ikatan tersebut putus, sel-sel kulit mati akan mudah rontok saat wajah dibersihkan.

Manfaat salicylic acid bagi kulit wajah

  • Mengelupas sel-sel kulit mati

Pengelupasan kulit wajah secara teratur Menggunakan produk AHA dan BHA 2-3 kali seminggu dapat membantu kulit wajah terlihat lebih halus dan cerah, serta menyamarkan garis halus, kerutan, dan pori-pori yang besar.

  • Mengatasi masalah kulit

Asam salisilat adalah agen keratolitik yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kutil, dan psoriasis karena kemampuannya untuk mengelupas sel kulit mati. Bakteri penyebab peradangan kulit dapat diatasi dan peradangan kulit berkurang dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

  • Mencegah munculnya jerawat

Jerawat biasanya muncul karena penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, dan paparan bakteri P. acnes. Asam salisilat efektif dalam membantu menyembuhkan jerawat.  Berkat

Omg: Pexels/Sora-Shimazakikemampuannya untuk mengelupas sel kulit mati pada kulit berminyak dan sifat anti bakterinya.

Penggunaan salicylic acid

Produk asam salisilat, seperti kebanyakan produk perawatan kulit, tidak langsung memberikan hasil. Hasil baru akan terlihat setelah empat hingga delapan minggu penggunaan. Perawatan jerawat ringan dapat memberikan hasil yang lebih cepat. Kondisi kulit wajah secara keseluruhan akan membaik dengan penggunaan yang teratur dan kesabaran. Temukan produk anti penuaan terbaik dari L’Oreal Paris berdasarkan jenis kulit dan masalah kulit kamu.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan