Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 3 Jul 2022 12:00 WIB ·

Jangan Malas Berjemur! Ini Sederet Manfaat Sinar Matahari Bagi Tubuh


Img: Pexels/tri-nguyen-trong Perbesar

Img: Pexels/tri-nguyen-trong

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama yang mengganggu kondisi kulit. Namun, dalam jumlah yang cukup, terutama di pagi hari, memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Salah satu manfaatnya yang paling terkenal adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memberikan asupan vitamin D. Menurut WebMD, berikut adalah lima manfaat kesehatan penting dari sinar matahari pagi untuk kesehatan tubuh manusia:

Membantu produksi vitamin D tubuh

Sinar UV dari matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang, sel darah, dan sistem kekebalan tubuh.

Ini juga membantu penyerapan tubuh dan pemanfaatan mineral seperti kalsium dan fosfor. Dengan demikian, berjemur di pagi hari bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Meningkatkan kualitas tidur

Cahaya dibutuhkan oleh mata untuk membantu mengatur jam internal tubuh. Matahari pagi muncul untuk membantu tidur di malam hari.

Lansia (lansia) memiliki kebutuhan yang lebih besar akan cahaya karena mata mereka menjadi kurang dapat menerima cahaya seiring bertambahnya usia.

Sinar matahari dapat membantu menurunkan berat badan

Sinar matahari pagi juga membantu menurunkan berat badan dengan membakar lemak. Antara jam 8 pagi dan siang hari, mungkin perlu waktu 20 hingga 30 menit untuk menuai manfaatnya.

Para ilmuwan percaya bahwa sinar matahari dapat menyebabkan sel-sel lemak di bawah permukaan kulit menyusut. Penurunan berat badan, bagaimanapun, harus disertai dengan olahraga teratur dan diet bergizi seimbang.

Kesehatan emosional

Sinar matahari membantu produksi zat kimia di otak yang dikenal sebagai serotonin. Bahan kimia ini meningkatkan energi Anda dan membuat Anda merasa lebih tenang, lebih fokus, dan lebih positif.

Kesehatan mata

Paparan matahari dalam jumlah sedang, terutama untuk remaja dan orang dewasa, dapat membantu mencegah masalah penglihatan. Namun, paparan yang berlebihan dapat membahayakan mata, menyebabkan katarak dan penglihatan kabur

Prof Dr Madarina Julia dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada menyatakan waktu yang cukup untuk berjemur adalah saat bayangan tubuh lebih pendek dari ketinggian, sedangkan waktu berjemur yang dianjurkan adalah 10 hingga 15 menit.

Nah, itu dia beberapa manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan, Maka dari itu, kamu tidak boleh malas bangun pagi ya!

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan