Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 13 Jul 2022 14:10 WIB ·

5 Manfaat Terapi Bekam Bagi Kesehatan


Img: pexels-rodnae-productions Perbesar

Img: pexels-rodnae-productions

Terapi bekam merupakan pengobatan alternatif kuno yang masih banyak praktek aktif hingga saat ini. Alat yang digunakan yaitu cangkir yang terbuat dari bambu, gelas, silikon, atau gerabah menjadi ciri khas dari terapi bekam ini.

Prosesnya seperti menarik kulit, yang kemudian menghilangkan racun atau darah kotor. Cangkir biasanya diletakkan di bagian tubuh tertentu, seperti perut, punggung, tungkai, lengan, atau tungkai. Menurut GoodDoctor, Dokter Sehat, dan Halosehat, inilah beberapa manfaat terapi bekam:

Melancarkan sirkulasi darah

Terapi bekam melibatkan mengisap dan terkadang melubangi kulit, menyebabkannya berdarah. Prosedur ini dianggap dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area di mana cangkir terpasang. Suplai darah yang stabil ke area ini dapat membantu meredakan ketegangan otot sekaligus memperbaiki sel.

Mengobati masalah kulit

Terapi bekam juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti luka bernanah, bisul, jerawat, gatal, dan memar. Jika kamu memiliki masalah kulit yang seperti di atas, tidak ada salahnya mencoba terapi ini untuk mengatasinya.

Mengurangi kecemasan

Sistem saraf parasimpatis diaktifkan ketika terapis mulai menggeser cangkir pada titik bekam. Sistem saraf, pada gilirannya, membantu pencernaan dan meningkatkan kinerja usus dan kelenjar dengan memperlambat kerja sistem jantung.

Meredakan nyeri lebih cepat

Ini juga dapat digunakan untuk mengobati radang sendi dan nyeri punggung bawah. Bekam juga dapat membantu mengatasi jenis nyeri lain, seperti migrain, sakit kepala, linu pinggul, nyeri otot, dan sakit gigi. Jika kamu mengalami rasa sakit yang seperti itu, cobalah terapi bekam ini, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mobilitas.

Melepas racun dalam tubuh

Terapi bekam ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun melalui darah, karena aliran darah terkonsentrasi di tubuh, membuang racun melalui sistem limfatik. Sistem ini kemudian membantu menghilangkan racun dan limbah dari tubuh kita.

Melansir Alodokter, upaya ini aman pada kondisi penyakit non-akut atau berulang. Namun, kamu akan mengalami gejala ringan berikut ini setelah bekam:

  • Luka bakar
  • Memar
  • Kelelahan
  • Tegang otot
  • Mual

Biasanya, efek samping yang di atas terjadi selama terapi dan kemudian menghilang. Memar merah pada kulit dapat hilang dengan sendirinya setelah sekitar 10 hari.

Meski aman, terapi bekam tidak dianjurkan untuk beberapa kondisi di bawah ini, seperti:

  • Ibu hamil
  • Anak-anak di bawah 4 tahun
  • Wanita yang sedang menstruasi
  • Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah
  • Penderita penyakit pembekuan darah, seperti hemofilia atau ITP
  • Riwayat masalah pada kulit, termasuk eksim dan psoriasis
  • Epilepsi

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 41 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan