Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 15 Agu 2022 12:14 WIB ·

Bukan Mitos! Inilah Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Kamu


Bukan Mitos! Inilah Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Kamu Perbesar

Pembentukan jaringan dan sistem pertahanan tubuh mengharuskan konsumsi berbagai vitamin dan mineral. Vitamin C dikenal sebagai asam askorbat, adalah nutrisi penting yang mendukung fungsi tubuh. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang larut dalam air. Tubuh tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin sendiri. Oleh karena itu, kamu harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu melalui konsumsi makanan.

Asupan yang cukup dapat melindungi tubuh dari penyakit. Namun, ini bukan satu-satunya manfaat. Nutrisi dari buah-buahan ini juga bermanfaat untuk jaringan kulit, sirkulasi darah, dan saraf otak, lho! Yuk, simak beberapa manfaatnya bagi kesehatan!

Menjaga kulit tetap sehat

Nutrisi yang terkandung dalam jeruk ini terletak di lapisan dermis dan epidermis kulit. Mereka dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini merangsang produksi kolagen sekaligus melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Kolagen adalah protein utama yang berkontribusi pada struktur kulit kamu. Produksinya dapat kita kurangi dengan penuaan dan radikal bebas lingkungan. Vitamin C bertanggung jawab untuk menjaga produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit.

Mengurangi resiko anemia defisiensi besi

Anemia defisiensi besi adalah suatu kondisi di mana sel darah merah tidak memiliki cukup zat besi. Zat besi dibutuhkan sel darah merah untuk mengikat oksigen dan mengangkutnya ke seluruh tubuh.

Kamu dapat menghindari kondisi ini dengan mendapatkan cukup vitamin C. Asam askorbat bekerja dengan meningkatkan penyerapan zat besi, terutama dari sumber tanaman di mana zat besi lebih sulit terserap.

Membantu mengontrol tekanan darah

Jika kamu memiliki hipertensi, cobalah memasukkan makanan kaya vitamin C dalam diet harian kamu. Alasannya adalah karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah, bahkan pada pasien hipertensi.

Menurut jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, ini juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 1,7 mmHg. Agar lebih efektif, kurangi asupan garam kamu.

Mempercepat penyembuhan luka

Asam askorbat memiliki peran tidak langsung dalam penyembuhan luka. Proses penyembuhan luka membutuhkan protein dalam jumlah besar, salah satunya adalah kolagen. Jika produksi kolagen menurun, luka akan sembuh lebih lambat dari seharusnya.

Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, pematangan, dan pelepasan di jaringan yang terluka. Ini mempercepat pembentukan jaringan baru yang akan menutup luka. Luka akan sembuh lebih cepat dengan cara ini.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan