Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 29 Agu 2022 18:00 WIB ·

5 Masalah Kesehatan yang Mengancam di Usia 50 an


Img: pexels-tristan-le- Perbesar

Img: pexels-tristan-le-

Semakin tua seseorang, semakin besar kemungkinan tubuhnya akan mengalami masalah kesehatan yang akan berdampak signifikan pada setiap aktivitas yang dia lakukan. Jika kamu berusia di atas 50 tahun, kamu harus mengetahui beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul pada usia tersebut.

Kenaikan berat badan adalah salah satu kemungkinan. Kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatan seseorang, apalagi jika berujung pada obesitas. Dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan penyakit tidak menular lainnya.

Nyeri adalah masalah kesehatan umum lainnya yang muncul. Sementara itu, wanita di atas usia 50 tahun biasanya mengalami penurunan kadar estrogen.

Ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin kamu alami setelah kamu mencapai usia 50 tahun. Berikut daftar penyakit yang harus kamu waspadai:

Penyakit jantung

Menurut penelitian, sekitar 735.000 orang terkena dampaknya setiap tahun. Pria di atas usia 50 tahun memiliki satu dari dua kemungkinan terkena penyakit jantung.

Sesak napas dan nyeri di dada, punggung, bahu, atau leher adalah gejala yang paling umum. Kamu mungkin juga merasa berkeringat, pusing, atau ingin muntah.

Jika kamu menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur, risiko penyakit jantung akan berkurang.

Stroke

Stroke cukup umum pada orang berusia di atas 50 tahun. Ini terjadi ketika darah tidak mencapai area tertentu di otak kamu sebagaimana mestinya, menyebabkan sel-sel otak mati.

Gejalanya meliputi kelelahan, mati rasa di wajah, lengan, atau kaki, dan kesulitan berbicara. Jika tekanan darah kamu terkendali, kamu dapat mengurangi peluang kamu dengan makan makanan rendah kolesterol, mengelola stres, berolahraga, dan berhenti merokok.

Batu empedu

Batu empedu adalah kristal padat atau gumpalan material yang terbentuk di kantong empedu. Ketika empedu yang berasal oleh hati untuk mencerna lemak mengeras, seseorang bisa saja sedang memiliki kondisi ini.

Jika kamu mengalami obesitas, penyakit gula, atau memiliki penyakit Crohn dan tidak berolahraga, kemungkinan besar kamu akan terkena penyakit ini.

Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pankreas, kelenjar yang terletak di belakang lambung dan di sebelah usus kecil. Jika tidak segera mendapat penanganan dengan baik, gangguan ini dapat menyebabkan sakit perut yang parah, mual, muntah, dan demam, dan bisa berakibat fatal.

Diabetes

Ketika kamu mencapai usia 45, peluang kamu terkena diabetes tipe 2 meningkat. Ini adalah kondisi jangka panjang yang berawal dari kadar gula darah yang tinggi. Komplikasi diabetes dapat mencakup penyakit jantung, penyakit ginjal, dan kebutaan.

Ini dapat kamu hindari dengan membatasi asupan gula, menjaga berat badan yang sehat, dan mengelola stres.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan