Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 23 Sep 2022 12:00 WIB ·

Tidak Sama! Ini 5 Masalah Kulit Wajah yang Umum Terjadi


Img: pexels-anna-nekrashevich Perbesar

Img: pexels-anna-nekrashevich

Berbagai masalah pada kulit wajah kita disebabkan oleh bertambahnya usia, paparan polusi dan kotoran, serta penggunaan produk perawatan wajah yang tidak tepat. Jangan khawatir! Dengan memahami masalah kulit wajah kamu di artikel ini, kamu bisa menghindarinya atau mengatasinya dengan tepat. Silakan baca terus untuk informasi lebih lanjut!

Jerawat

Masalah kulit wajah yang satu ini sepertinya sudah menjadi hal yang umum. Karena hampir semua orang, terutama saat pubertas dan menstruasi, pasti pernah merasakannya. Jerawat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gaya hidup, kebiasaan makan yang buruk, penggunaan perawatan wajah yang tidak tepat, dan genetika. Jika masalah pada kulit tidak segera diatasi, jerawat bisa semakin meradang, menyebar ke bagian tubuh lain, dan meninggalkan bekas.

Milia

Milia memiliki ciri-ciri belang (seperti benjolan kecil) dan berwarna putih/tergantung warna kulit. Ingat bahwa milia adalah kista berisi keratin yang muncul sebagai benjolan putih atau kekuningan di bawah kulit. Masalah kulit pada wajah ini biasanya muncul di bawah mata, hidung, dan dagu. Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya milia, antara lain kulit mati yang menyebar dan terperangkap di pori-pori di dekat permukaan kulit, penyumbatan saluran keringat, merokok, kurang tidur, kondisi kulit yang tidak bersih, dan infeksi kulit.

Flek hitam

Salah satu masalah pada kulit wajah yang ditandai dengan munculnya flek atau flek berwarna gelap adalah flek hitam atau hiperpigmentasi. Karena akumulasi melanin di kulit wajah, munculnya flek hitam ini tidak tampak menua. Melanin berperan dalam pembentukan pigmen warna kulit. Produksi melanin yang berlebihan justru menyebabkan munculnya bercak-bercak hitam pada kulit yang dapat mengganggu penampilan wajah atau bahkan menimbulkan masalah lainnya. Paparan sinar UV yang berlebihan, penggunaan obat-obatan tertentu, atau bawaan, penyakit endokrin adalah penyebab umum bintik hitam di wajah.

Warna kulit tidak rata

Bukan hanya jerawat, milia, dan flek hitam yang sering menjadi masalah kulit di wajah, warna kulit yang tidak merata juga menjadi masalah bagi banyak orang. Ini mungkin tampak seperti masalah kecil, tetapi tidak jarang orang merasa tidak aman. Pada kebanyakan kasus, warna kulit wajah yang tidak merata itu karena hormon, usia, paparan sinar UV, atau penggunaan produk kosmetik atau obat-obatan tertentu.

Kerutan

Pertama dan terpenting, sangat penting untuk memahami perbedaan antara kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Garis-garis halus adalah tanda pertama pembentukan kerutan. Garis-garis halus di wajah biasanya karena ekspresi wajah seperti tersenyum, tertawa, mengerutkan alis, mengerutkan kening, ekspresi wajah lainnya yang membuat kerutan di wajah, dan bertambahnya usia. Selain faktor alam tersebut, ada penyebab lain, seperti kurangnya kelembaban (dehidrasi), paparan sinar UV pada kulit yang tidak terlindungi, kurang berolahraga, dan asupan air yang tidak mencukupi.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan