Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 13 Jul 2022 16:37 WIB ·

Inilah 5 Masjid Tertua di Dunia


Img: pixabay.com - Sue and Todd Perbesar

Img: pixabay.com - Sue and Todd

Masjid merupakan tempat beribadah untuk kaum yang beragama Islam. Keberadaan masjid di Indonesia cukup banyak, bahkan tergolong banyak. Hampir di setiap desa atau dusun di sebuah perkampungan, pasti ada masjid di sana. Hal itu lumrah mengingat masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam. Nah, berbicara tentang masjid, tahukah kamu manakah masjid tertua di dunia? Masjid-masjid tertua itu bahkan konon sudah ada sejak zaman nabi, lo! Kira-kira masjid mana saja, ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

1. Masjid Al-Haram

Masjidilharam atau Masjid Al-Haram adalah masjid tertua yang ada dalam sejarah Islam. Berada di Kota Mekah tepatnya di pusat Kota Mekah, masjid yang juga bernama Al-Masjid Al-Haram ini merupakan tempat tersuci bagi seluruh umat Islam di dunia. Masjid ini pulalah yang menjadi tujuan utama dalam ibadah haji.

 

2. Masjid Nabawi

Kedua, ada masjid yang terletak di Kota Madinah, yaitu Masjid Nabawi. Masjid ini banyak umat muslim datangi untuk beribadah dan mengunjungi makam nabi dan sahabat-sahabatnya. Berdasarkan catatan sejarah, Nabi Muhammad mendirikan masjid ini secara langsung. Tepatnya, masjid ini merupakan bekas rumah Rasulullah yang mulai beliau tinggali setelah hijrah ke Madinah. Pada saat itu, Masjid Nabawi umat muslim gunakan sebagai tempat berkumpul, sekolah agama, dan sebagai sebuah majelis. Kini, Masjid Nabawi menjadi tempat paling suci kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram yang ada di Mekkah.

 

3. Masjid Al-Aqsa

Yang ketiga adalah Masjid Al-Aqsa. Masjid ini merupakan masjid yang pernah menjadi kiblat seluruh umat Islam sebelum kiblat yang saat ini ada di Makkah, tepatnya pada masa Rasulullah. Selain itu, Masjid Al-Aqsa juga menyimpan pijakan kaki Rasulullah saat melakukan perjalanan Isra Mi’raj. Hingga sampai detik ini, Masjid Al-Aqsa masih berdiri kokoh di Kota Lama Yerusalem.

 

4. Masjid Agung Sana’a

Keempat, ada masjid yang berada di Yaman, yaitu Masjid Agung Sana’a. Pembangunan masjid ini berlangsung pada masa Ali Bin Abi Thalib sebagai penyebar agama Islam pada masa itu. Saat itu, Kota Sana’a merupakan salah satu kota atau wilayah syiar agama Islam terbesar. Karena itulah, pembangunan Masjid Agung Sana’a berlangsung. Berdasarkan beberapa sumber, penentuan kiblat di masjid ini merupakan hasil dari penentuan Rasulullah.

 

5. Masjid Uqba

Berikutnya adalah Masjid Uqba yang berada di Benua Afrika, tepatnya di ujung utara Benua Afika, yaitu di Tunisia. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. 

Itulah 5 masjid tertua di dunia. Dari kelima masjid yang masuk ke dalam penjelasan di atas, mana, nih, masjid yang paling ingin kamu kunjungi pertama kali? Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 51 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts