Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 24 Sep 2022 23:29 WIB ·

Mengenal Psychologycal First Aid


img: pixels.com/Tima Mirosnichenko Perbesar

img: pixels.com/Tima Mirosnichenko

Banyak orang yang mungkin merasa kebingungan dan kewalahan ketika merespons orang di sekitarnya yang sedang berjuang melalui tekanan. Maka, penting sekali setiap individu memiliki pemahaman mengenai pertolongan pertama psikologis, agar dapat bereaksi secara tepat ketika menghadapi seseorang yang krisis secara psikologis.

Nah, untuk itu, yuk ketahui lebih detail mengenai psychological first aid!

Apa itu Psychological First Aid (PFA)

Menurut Sphere (2011) dan IASC (2007), Pertolongan Psikologis Pertama (P3) atau Psychological First Aid (PFA) dideskripsikan sebagai sebuah respons yang bersifat manusiawi dan suportif kepada sesama manusia yang sedang menderita atau memerlukan dukungan. Terdapat beberapa respons yang termasuk dalam pertolongan psikologi pertama ini, di antaranya:

  • Memberikan perawatan serta dukungan yang praktis, namun tidak menginterupsi;
  • Mencanangkan kebutuhan dan juga hal-hal yang harus diperhatikan;
  • Membantu orang yang mengalami krisis untuk mendapatkan akses terhadap; kebutuhan dasar, seperti makanan, minuman ataupun informasi;
  • Menjadi pendengar, namun tidak memaksa mereka untuk berbicara tentang yang dialaminya;
  • Menghibur orang yang mengalami krisis untuk dapat terhubung pada penyedia informasi, layanan-layanan lain, dan sosial;
  • Melindungi orang-orang dari bahaya lebih lanjut.

Perlu diperhatikan bahwa dalam penanganan orang kritis psikologi sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional, tapi dapat juga dilakukan semua orang ketika mendapati keadaan yang darurat, sebelum dibawa ke tenaga ahli.

Cara Memberikan Psychological First Aid (PFA)

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak memberikan pertolongan psikologi pertama, di antaranya berikut ini:

1.Komunikasi yang bagus

Seseorang yang mengalami kejadian tak menyenangkan kemungkinan ingin menceritakan masalahnya. Maka, jadilah pendengar yang baik, peka terhadap bahasa tubuh dan kata-kata saat kamu berkomunikasi dengan orang lain.

2. Pelajari situasi

Hal perlu diperhatikan yaitu mempelajari situasi krisis, mempelajari layanan dan dukungan, serta mempelajari keselamatan dan keamanan.

3. Penatalaksanaan pertolongan psikologis pertama (P3)

Tiga hal yang mendasar mengenai standar operasional P3 yaitu lihat, dengar, dan hubungkan. Pada proses mengamati hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu periksa keamanan, periksa dengan saksama apakah ada yang memerlukan bantuan gawat darurat, periksa orang-orang dengan reaksi stres yang sangat serius.

Adapun, pada tahap mendengar yaitu kamu perlu mendekati orang-orang yang mungkin memerlukan bantuan, tanyakan mengenai apa yang mereka butuhkan, dan dengarkan cerita mereka.

Sedangkan, pada tahap menghubungkan kamu perlu membantu orang-orang yang kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan dan layanan mendasar, bantulah untuk mengatasi permasalahannya, berikan informasi, serta hubungkan mereka dengan keluarganya, dan bantuan sosial.

Nah, itu ulasan lebih detail mengenai psychological first aid. Kemenkes juga telah menyarankan warga yang membutuhkan bantuan terkait masalah kejiwaan untuk langsung menghubungi profesional kesehatan jiwa di Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Jenis Buah Ini Mengandung Vitamin E, Ada Mangga Hingga Alpukat

29 Juni 2024 - 16:55 WIB

Jenis Buah

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

28 Juni 2024 - 21:36 WIB

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

24 Juni 2024 - 19:22 WIB

Manfaat Jeruk Nipis

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Trending di Kesehatan