Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 17 Mar 2023 18:00 WIB ·

Mengenal Wolffia Globosa, Tumbuhan Terkecil di Dunia


Img: ruduckweed Perbesar

Img: ruduckweed

Mengenal Wolffia Globosa, Tumbuhan Terkecil di Dunia -Pernahkah kalian menemukan tumbuhan paku, lumut, jamur, rumput, alang-alang, atau tanaman mini lainnya?

Dan tahukah kamu ada tumbuhan yang ukurannya sangat kecil sehingga bisa membuat mata kamu tidak bisa mengalihkan pandangan karena sangat menggemaskan. Namanya adalah Wolffia Globosa. Berikut fakta menarik tentangnya:

Mengenal Wolffia Globosa, Tumbuhan Terkecil di Dunia Beragam Manfaat

Tumbuhan terkecil di dunia

Wolffia globosa, spesies terkecil, panjangnya hanya sekitar 2 milimeter, atau seukuran sebutir beras. Wolffia adalah sejenis tanaman air tawar yang dapat kita temukan mengambang di danau dan sungai. Tumbuhan ini mengapung karena tidak berakar, berwarna hijau, dan jarang berbunga. Namun, Wolffia ini bisa berbuah dan merupakan buah terkecil di dunia.

Dapat bertahan pada cuaca ekstrim

Menurut laman sciencedirect.com, tanaman Wolffia ini dapat menahan semua rasa sakit yang terkait dengan tumbuh di lingkungan dengan lingkungan datar dan medan yang siap ‘menyelesaikannya’ kapan saja.

Namun, selain kuat dalam berbagai kondisi. Tumbuhan ini terbukti cukup kuat untuk meronta-ronta di air sedalam puluhan meter. Ini menunjukkan kualitas tanaman yang tinggi.

Memiliki harga mahal

Karena populasi yang menurun, harapannya para ahli dan ahli botani lokal dan internasional akan berjuang untuk menemukan tanaman berbintik ini dengan hati-hati dan dalam jumlah besar.

Tumbuhan ini tidak menyebar hingga mencapai Bumi, menurut laman sciencedirect.com. Konsentrasi tertinggi hanya ada di Amerika, Eropa, Asia Tengah dan Timur. Akibatnya, banyak importir yang ingin membeli dalam jumlah banyak. Beberapa kilo tanaman dapat menelan biaya antara ratusan ribu dan jutaan dolar.

Boleh dimakan namun harus waspada

Menurut laman cleaneatingmag.com, tanaman ini bisa kita jadikan “makanan masa depan” jika tidak ada beras, gandum, atau jagung akibat polusi udara dan air yang berlebihan akibat pabrik dan industri yang menghasilkan limbah mematikan.

Manfaat Wolffia Globosa

Meski ukurannya kecil, Wolffia terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan di Bumi. Wolffia biasa dikonsumsi oleh bebek, burung air, dan berbagai jenis ikan. Selain itu, tanaman kecil ini sering digunakan sebagai campuran makanan ayam dan babi.

Wolffia menyerap molekul air seperti fosfat, nitrogen, dan nutrisi lainnya. Hasilnya, Wolffia cocok digunakan sebagai pakan ternak dan pupuk tanaman.

Wolffia berpotensi menjadi bahan bakar pengganti bahan bakar fosil sekaligus sebagai obat, menurut International Lemna Association (ILA). Namun, penerapannya membutuhkan penelitian lebih lanjut.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 187 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts