Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 8 Agu 2022 15:00 WIB ·

Tips Menjawab Interview dengan Metode STAR


Male indian hr, recruiter or employer holding cv having online virtual job interview meeting with african candidate on video call. Distance remote recruitment conference chat. Over shoulder view. Perbesar

Male indian hr, recruiter or employer holding cv having online virtual job interview meeting with african candidate on video call. Distance remote recruitment conference chat. Over shoulder view.

Dalam menjawab interview, kamu tidak boleh sembarangan dan asal menjawab. Perlu ada tips dan trik yang kamu gunakan. Salah satunya menjawab interview dengan metode STAR ini.

Apa itu Metode STAR ? 

STAR adalah kepanjangan dari Situation, Task, Action, Result. Metode ini dapat kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan tentang pengalaman kerja di masa lalu atau pertanyaan yang bersifat situasional.

Dalam hal ini, biasanya HR akan mengajukan pertanyaan yang lebih situasional, seperti:

  • Ceritakan pengalamanmu saat harus bekerja dibawah tekanan!
  • Berikan contoh saat kamu menghadapi konflik saat bekerja dengan tim!
  • Bagaimana caramu menghadapi permintaan atau situasi yang sulit?

Nah, untuk menjawab pertanyaan situasional seperti ini, kamu bisa menggunakan Metode STAR.

Seperti apa caranya? Yuk, simak contoh berikut!

Contoh pertanyaan:

“Ceritakan pengalaman kamu ketika memimpin sebuah project!”

Situation

Menceritakan situasi sesuai konteks pertanyaan berdasarkan situasi yang telah kamu lalui.

Contoh, “Saat itu saya berada dalam divisi yang mana kami bertanggung jawab atas sebuah project dan saya menjadi ketua tim tersebut dengan anggota divisi 6 orang. Dalam hal ini, saya berhasil memimpin tim dan menyelesaikan target project kami dalam waktu 3 bulan.”

Task 

Menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang harus kamu lakukan.

Contoh, “Tugas saya sebagai ketua devisi, yaitu memimpin divisi, memberi tugas kepada rekan kerja, dan berkoordinasi dengan rekan setim, manager, serta divisi lain yang belerja dalam project yang sama.”

Action 

Menceritakan bagaimana cara kamu menyelesaikan tugas itu dan cara kamu mengatasi permasalahan yang muncul atau tindakan nyata apa yang kamu lakukan pada situasi yang telah terjadi.

Contoh, “Saat itu, saya sudah mulai memilih dan membuat list terkait apa saja hal yang menjadi fokus untuk kami kerjakan setiap harinya. Saya juga rutin mencari data terkait masalah, memimpin diskusi bersama, serta merancang ide untuk project kami.”

Result 

Menjelaskan hasil dari action yang sudah kamu lakukan tersebut.

Contoh, “Akhirnya, project tersebut berhasil terlaksana dan mencapai tujuan yang sesuai harapan. Divisi kami juga menjalankan tugas dengan baik dengan meningkatkan leads sebesar 76%, walaupun tidak mencapai KPI yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 80%. Namun, keberhasilan project kami mendapat apresiasi yang sangat luar biasa.”

Nah, itu dia tips menjawab interview dengan metode STAR yang dapat kamu terapkan. Perlu diingat, metode ini hanya digunakan untuk menjawab pertanyaan interview mengenai pestasi atau keberhasilan, pengalaman, bagaimana kamu mengatasi situasi sulit, dan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat situasional, ya!

Selain itu, untuk memperoleh hasil maksimal, pastikan juga kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan saat interview, ya!

Jangan lupa kunjungi Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta menarik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 102 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Tips Selesaikan Tugas Akhir DKV dengan Lancar, Ini Dia!

2 Juni 2024 - 21:15 WIB

Tips Selesaikan Tugas

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Trending di Edukasi