Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 2 Jul 2022 14:00 WIB ·

5 Negara dengan Jumlah Gunung Terbanyak, Apa Indonesia Termasuk?


Img: pixabay.com -  PublicDomainPictures Perbesar

Img: pixabay.com - PublicDomainPictures

Istilah gunung pasti sudah tidak asing bagi kita sebagai warga Indonesia. Selain berfungsi sebagai objek wisata dan sumber pendapatan untuk negara, gunung juga menjadi sumber penyimpanan air. Nah, fungsi dan manfaat lain yang gunung miliki ada pada penambah kesuburan tanah di sekitar lokasi sebuah gunung, lo! Berbicara tentang gunung, tahukah kalian bahwa ada beberapa negara yang menjadi negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia? Kira-kira Indonesia termasuk atau tidak, ya? Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah!

 

1. Amerika Serikat

Negara pertama yang memiliki jumlah gunung terbanyak adalah Amerika Serikat. Gunung yang Amerika Serikat miliki ini tercatat ada sebanyak 173 gunung yang tersebar di berbagai wilayah. Gunung-gunung yang Amerika Serikat miliki hingga sekarang masih memiliki aktivitas erupsi, lo!

 

2. Rusia

Berikutnya ada Rusia dengan jumlah gunung berapi sebanyak 1666 gunung. Dari jumlah gunung yang Rusia miliki, sejumlah 29 gunung aktif berada di wilayah bagian timur dari Rusia. Sementara itu, Rusia juga memiliki 20 gunung nonaktif yang bisa warga daki.

 

3. Indonesia

Dengan jumlah gunung berapi sebanyak 139 gunung, Indonesia berhasil menjadi negara ketiga dengan jumlah gunung terbanyak di dunia. Jumlah tersebut sudah mencakup gunung-gunung yang masih aktif dan memiliki aktivitas erupsi, seperti Gunung Merapi dan Gunung Kelud. Selain di wilayah Pulau Jawa, gunung-gunung yang Indonesia miliki juga tersebar di wilayah Sulawesi, Kalimantan, hingga Papua.

Di Indonesia, terdapat suatu pembagian tipe gunung menjadi  tiga tipe. Tipe pertama adalah tipe A, yaitu tipe yang merujuk pada gunung yang memiliki catatan letusan sejak tahun 1600 dan tipe ini memiliki 76 gunung di dalamnya. Tipe kedua atau tipe B merupakan tipe  gunung-gunung yang memiliki catatan letusan sebelum tahun 1600 dan berisi 30 gunung. Terakhir adalah tipe ketiga atau tipe C, yaitu tipe yang merujuk pada gunung-gunung yang tidak memiliki catatan letusan sama sekali dan tipe ini memiliki 21 gunung yang termasuk di dalamnya.

 

4. Jepang

Negara dengan jumlah gunung terbanyak keempat adalah Jepang. Jumlah gunung aktif yang Jepang miliki adalah sebanyak 112 gunung. Sementara itu, Jepang juga memiliki sejumlah gunung-gunung yang yang nonaktif.

 

5. Islandia

Negara kelima dengan jumlah gunung terbanyak adalah Islandia, yaitu sejumlah 130 gunung berapi. Selain gunung yang masih aktif erupsi, Islandia juga memiliki gunung-gunung yang sudah tidak aktif.

 

Itulah 5 negara dengan jumlah gunung terbanyak di dunia. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 89 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts