Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 2 Jul 2022 13:00 WIB ·

5 Negara dengan Wilayah Laut Terluas di Dunia


Img: pixabay.com - Dimitris Vetsikas Perbesar

Img: pixabay.com - Dimitris Vetsikas

Keberadaan lautan untuk suatu negara memiliki nilai yang begitu penting. Selain untuk sumber makanan, laut juga berperan sebagai sarana transportasi perdagangan hingga sarana-sarana pendukung kemajuan suatu negara. Nah, seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara dengan wilayah perairan yang cukup luas. Namun, pernahkah kalian memikirkan kira-kira negara mana ya yang memiliki wilayah laut paling luas di dunia? Daripada terus bertanya-tanya, langsung saja simak penjelasan terkait negara dengan wilayah laut terluas di dunia berikut!

 

1. Prancis

Populer sebagai negara yang memiliki kota cinta dengan romantisme tinggi, ternyata Prancis menjadi salah satu dari negara-negara dengan wilayah laut terluas di dunia, lo! Tercatat luas laut yang Prancis miliki adalah sebesar 11.691.000 km2 dengan persentase 36,7%. Selain itu, Prancis ternyata juga merupakan negara yang dikelilingi oleh Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, Teluk Biscay, dan Laut Karibia. Sementara itu, Prancis memiliki beberapa sungai besar, seperti sungai Rhone, Meuse, Seine dan Loire.

 

2. Amerika Serikat

Negara yang memiliki perairan terluas berikutnya adalah Amerika Serikat dengan luas wilayah perairan sebesar 11.351.000 km2. Wilayah laut yang Amerika Serikat miliki ini memiliki presentase sebesar 7,77% dari keseluruhan luas lautan di dunia. 

 

3. Australia

Berikutnya ada negara Australia. Wilayah laut yang Australia miliki ternilai luas, yaitu sebesar 8.505.348 km2. Negara Benua Hijau ini ternyata memiliki perairan yang berbatasan dengan Selandia Baru, Timor Timur, Indonesia, dan Kepulauan Solomon.

 

4. Rusia

Memiliki wilayah perairan sebesar 7.566.673 km2, Rusia berhasil menjadi salah satu negara dengan wilayah lautan atau perairan terluas di dunia. Dengan wilayah laut yang seluas itu, Rusia berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Pasifik di timur, dan Atlantik di barat.

 

5. Britania Raya

Negara yang dikelilingi oleh beberapa wilayah peraliran ini memiliki luas lautan sebesar 6.805.586 km2. Wilayah perairan yang mengelilingi Britania Raya antara lain adalah Selat Inggris, Laut Utara, Laut Irlandia, dan Samudra Atlantik.

Nah, itulah 5 negara dengan wilayah laut terluas di dunia. Dengan wilayah laut yang luas, sdah pasti wilayah laut itu akan sangat membantu kemajuan suatu negara. Wilayah laut yang luas akan memberi kesempatan yang lebih luas pula untuk suatu negara berkembang dan tumbuh menjadi yang lebih baik lagi. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 85 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts