Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 27 Jun 2022 12:00 WIB ·

Olahraga Ini Membantu Terapi Kesehatan Mental, lho! Apa Saja ya?


Img: Pexels/Guduru Ajay bhargav Perbesar

Img: Pexels/Guduru Ajay bhargav

Olahraga telah terbukti membantu kamu tetap bugar sepanjang hari, yang meningkatkan kesehatan fisik. Aktivitas aktivitas fisik biasanya dilakukan pada saat liburan, dimulai pada pagi hari dan berakhir pada malam hari. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik kamu, tetapi juga baik untuk kesehatan mental kamu. Apa saja olahraga itu? Berikut empat olahraga yang dapat menjadi terapi kesehatan mental.

Yoga

Olahraga ini terkenal karena hubungannya dengan kesehatan mental. Gerakan yoga yang terkesan santai ternyata bisa membantu kamu menjadi tenang dan rileks secara mental. Alhasil, olahraga ini sangat ideal untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Emosi dan kesehatan mental akan terjaga dengan baik jika yoga dilakukan secara rutin. Pilih gerakan sederhana dan mudah untuk pemula. Yoga, bila dilakukan secara rutin, akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi pikiran yang jernih dan jiwa yang sehat.

Lari

Ketika kita stres atau tertekan, kita sering ingin lari dari kenyataan. Olahraga untuk kesehatan mental, di sisi lain, bukanlah pelarian dari kenyataan. Lari santai secara rutin pada pagi atau sore hari.

Berlari secara teratur sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental, selain praktis dan ekonomis karena dapat dilakukan di mana saja dan tidak mengeluarkan biaya. Apalagi jika kamu melakukannya bersama teman atau keluarga dalam suasana yang nyaman. Pikiran akan rileks, dan stres akan berkurang.

Jalan santai

Apakah kamu merasa berlari terlalu sulit? kamu dapat mengambil rute yang lebih santai. Berlari memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Jalan santai di lingkungan yang menyenangkan dan sejuk dapat membantu menghilangkan stres dan meredakan nyeri tubuh. Gangguan mental dan kecemasan berlebihan secara bertahap akan membaik jika kamu melakukannya selama 30 menit setiap hari.

Berenang 

Berenang dapat membantu kamu memfokuskan pikiran dan mengalihkan pikiran dari masalah yang dihadapi. Selain membuat tubuh kamu bergerak, membantu menjaga kesehatan jiwa kamu. Berenang menuntut kita untuk berinteraksi dengan orang lain yang juga berenang di lokasi yang sama. Alhasil, saat kamu mengikuti olahraga ini, hati dan pikiran kamu akan lebih bahagia dan tenang.

Menurut laporan tersebut, hampir setengah juta orang dewasa di Inggris menderita masalah kesehatan mental, dan berenang telah terbukti mengurangi jumlah kunjungan ke profesional medis kesehatan mental.

Sebuah jajak pendapat YouGov oleh Swim England, di sisi lain, mengungkapkan bahwa lebih dari 490.000 orang mampu mengurangi atau berhenti minum obat untuk kondisi kesehatan mental setelah berenang.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan