Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 20 Agu 2022 18:00 WIB ·

4 Organ Tubuh yang Bisa Bermasalah Karena Konsumsi Alkohol


Img: pexels-chris-f Perbesar

Img: pexels-chris-f

Tidak jarang alkohol menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu efek samping yang paling kita tahu yaitu mabuk. Alkohol dapat menyebabkan mabuk dengan mengganggu fungsi otak sehingga tidak dalam kondisi normal dan tidak sadar sepenuhnya.

Minuman beralkohol memiliki berbagai efek pada organ tubuh, bukan hanya otak. Berikut adalah beberapa organ tubuh yang mungkin bermasalah menurut National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism dan College Drinking Prevention:

Jantung

Alkohol dapat mempengaruhi jantung, menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung. Menurut College Drinking Prevention, konsumsi jangka panjang dapat melemahkan otot jantung, mengakibatkan kardiomiopati. Karena otot jantung yang lemah mencegah jantung memompa darah secara efisien, suplai oksigen ke berbagai organ menjadi berkurang.

Alkohol juga memiliki efek pada detak jantung, menyebabkannya berdetak terlalu cepat atau tidak teratur. Selain itu, juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang meningkatkan tekanan darah.

Lambung

Ketika minuman beralkohol ditelan dan masuk ke perut, sebagian alkohol terserap oleh perut dan sebagian terekskresi di saluran pencernaan. Mereka yang masuk ke usus halus terserap oleh dinding usus halus.

Alkohol dalam lambung dapat mengiritasi lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Menurut Healthline, kehadirannya juga dapat menghentikan proses pencernaan dan mengganggu penyerapan nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Penyalahgunaan jangka panjang menyebabkan iritasi lambung, gastritis, dan perdarahan.

Pankreas

Menurut National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, minuman beralkohol menyebabkan masalah pankreas. Menurut College Drinking Prevention, pankreas menghasilkan enzim dan mengirimkannya ke usus kecil, yang digunakan untuk melakukan proses metabolisme makanan. Alkohol yang berlebih dapat mengganggu proses ini, menyebabkan enzim dilepaskan sebelum waktunya dan tidak dikirim ke usus kecil.

Konsumsi jangka panjang menyebabkan pankreatitis, yaitu peradangan dan pembengkakan pankreas. Peradangan menyebabkan pankreas tidak berfungsi dengan baik, sehingga mengganggu proses pencernaan.

Otak

Menurut National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, alkohol mengganggu jalur komunikasi dan cara kerja otak. Ini mengganggu area otak yang mengontrol keseimbangan, memori, ucapan, dan pengambilan keputusan. Menurut College Drinking Prevention, minum alkohol menyebabkan perubahan ukuran neuron dari waktu ke waktu, menyebabkan massa otak menyusut. Penyalahgunaan pada remaja dan dewasa membahayakan perkembangan otak. Karena otak masih berkembang di usia yang begitu muda, mereka lebih rentan terhadap efek alkohol yang dapat mengubah struktur dan fungsi otak secara permanen.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan