Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 12 Jun 2022 22:33 WIB ·

Pelajari Basic Manners Ini Agar Attitude Jadi Lebih Baik!


Img: Pexels/freestocksorg Perbesar

Img: Pexels/freestocksorg

Mungkin kamu pernah menemukan teman atau orang lain yang telah melakukan sesuatu yang membuat dongkol namun secara norma tidak salah sehingga sulit bagi kita untuk menegur karena keyakinan mereka yang tidak etis dan tidak memikirkan orang lain.

Sebenarnya tingkat kedewasaan seseorang dapat diukur dari cara dia berpikir dan berperilaku terhadap orang lain, serta kemampuannya untuk memposisikan dirinya di lingkungan, baik di tempat kerja maupun di depan umum.

Berikut ini adalah kumpulan basic manners yang harus dipertahankan dan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

Tidak membiarkan orang yang menjemput menunggu

Terlambat, mengulur waktu, dan membuat orang meninggu sering sekali dilakukan oleh orang-orang terutama pada rekan yang sudah dekat. Namun rasanya hal itu kurang etis jika terus menerus sebab terkesan tidak menghargai mereka. Cobalah untuk siap lebih awal dari orang yang jemput kamu.

Saat sudah meminjam atau meminta sesuatu lebih dari tiga kali waktunya beli sendiri

Sebagai manusia, kita pasti hidup yang penuh keterbatasan, pinjam meminjam bukanlah hal yang asing untuk dilakukan. Terkadang kita meminjam bahkan meminta sesuatu milik orang lain untuk memenuhi kebutuhan kita. Ketika kamu telah meminjam sebanyak tiga kali, sudah seharusnya kamu membeli sendiri.

Setelah mengisi bensin di SPBU, maju dulu baru tutup tangki dan menghidupkan mesin

Memang melelahkan saat harus mengantri di SPBU. Antrian panjang yang membuat kita semakin lelah itu sebenarnya berasal dari orang-orang yang menyelesaikan urusannya di titik pengisian bensin dan belum beranjak sebelum urusannya selesai, termasuk merapikan isi dompet setelah mendapat kembalian atau sekedar menutup tangki motor yang sedikit memakan waktu. Oleh karena itu, mari kita ubah kebiasaan tersebut dengan beranjak dari titik pengisian dulu baru menyelesaikan urusan dengan motor. Yuk, kita hargai waktu orang lain, juga!

 

Menggunakan tata bahasa yang sopan dan baik ketika berbicara dengan orang asing atau tidak terlalu dekat

Tidak ada salahnya berbicara dengan formal ketika bertemu orang asing atau orang yang tidak terlalu dekat dengan kita. Hindari panggilan bahasa gaul seperti elo, gue, ngab, dan lain-lain untuk menghindari kesalahpahaman. Sebab ada sebagian orang kurang nyaman berbicara non-formal dengan orang asing.

Tahan pintu jika ada orang di belakang

Jika kamu pernah duduk di belakang seseorang yang akan meninggalkan ruangan (minimarket, ATM, masjid, dll.), menjaga pintu tetap terbuka untuk orang yang akan pergi adalah perilaku yang bagus. Bukan tidak mungkin; mereka akan mengapresiasi, entah itu senyuman atau ucapan terima kasih. Selain itu, jika kamu menutup pintu tanpa menoleh ke belakang akan membahayakan orang yang di belakangmu dan itu tidak sopan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 400 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack