Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 13 Jul 2022 14:22 WIB ·

Harus Tahu! Jenis Pemeriksaan yang Penting Bagi Kesehatan


Img: Pexels/mart-production Perbesar

Img: Pexels/mart-production

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk mengetahui kondisi tubuh. Selain itu, pemeriksaan kesehatan secara teratur dapat membantu untuk memprediksi dan mencegah penyakit tertentu, seperti diabetes dan penyakit kronis lainnya.

Pemeriksaan secara teratur harus kamu lakukan tidak hanya untuk orang tua, tetapi juga untuk orang muda di usia dua puluhan. Hal ini karena gaya hidup anak muda masa kini, khususnya yang tinggal di perkotaan, sangat dekat dengan konsumsi makanan yang tidak sehat. Lantas, pemeriksaan kesehatan seperti apa saja yang harus mereka lakukan secara rutin?

Kolesterol

Pertama dan terpenting, pemeriksaan kesehatan rutin meliputi pemeriksaan kolesterol. Serangan jantung dan stroke adalah dua penyakit yang muncul karena tingginya kadar kolesterol. Makanan berlemak, seperti daging dan jeroan kambing, dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol dianggap normal jika kurang dari 200 mg/dL.

Gula darah

Selanjutnya, cek gula darah merupakan pemeriksaan kesehatan rutin yang harus dilakukan. Saat memeriksa gula darah, disarankan agar Anda berpuasa minimal 8 jam sebelum tes.

Berikut hasil tes gula darah yang harus perlu kamu perhatikan:

  • Kadar gula darah normal berkisar antara 70 dan 100 mg/dL.
  • Tingkat 100-125 mg/dL menunjukkan pra-diabetes.
  • Diabetes dengan kadar 126 mg/dL

Pemeriksaan fungsi paru

Tes fungsi paru berguna untuk menentukan apakah pasien memiliki gangguan paru-paru atau tidak. Jenis pengukuran lainnya termasuk volume paru-paru, mekanika paru-paru, dan kemampuan difusi paru.

Jumlah napas yang terjadi selama kurang lebih 1 menit akan diketahui saat pemeriksaan fungsi paru. Orang dewasa biasanya akan bernapas 16-20 kali per menit.

Pemeriksaan Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB)

Terakhir, pemeriksaan kesehatan secara rutin, khususnya berat badan (BB) dan tinggi badan (TB), sangat penting. Ketika berat badan dan tinggi badan diukur, nilai Indeks Massa Tubuh (BMI) dihitung untuk menentukan apakah berat dan tinggi badan ideal atau berisiko terkena penyakit tidak menular.

Cek tekanan darah

Pengecekan tekanan darah merupakan pemeriksaan kesehatan rutin lainnya yang harus kamu lakukan secara rutin. Pemantauan tekanan darah merupakan salah satu metode untuk mendeteksi hipertensi, stroke, dan penyakit jantung secara dini.

Pastikan juga tekanan darah Anda berada pada level normal, yaitu 120/80, untuk menghindari serangan hipertensi dan hipotensi. Jika jumlah hasil pemeriksaan kurang dari 140/90 mmHg, dianggap “normal”.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan