Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 6 Agu 2023 15:00 WIB ·

Pengertian QRIS, Pembayaran Digital yang Kini Banyak Digunakan.


Pengertian QRIS, Pembayaran Digital yang Kini Banyak Digunakan. Perbesar

Ketika anda berbelanja baik itu di pasar atau di supermarket umumnya menggunakan uang tunai sebagai alat pembayarannya. Kini, untuk membayar belanja sudah di lakukan dengan menggunakan QR Code atau di sebut sebagai QRIS. Lalu, apa itu QRIS? QRIS ialah singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standar adalah alat pembayaran berbasis digital melalui e-wallet atau dompet digital hingga mobile banking. Untuk mengetahui secara mendalam terkait hal tersebut simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Quick Response Code Indonesia Standar.

Quick Response Code Indonesia Standart ialah alat pembayaran berbasis digital yang di keluarkan oleh Bank Indonesia serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia yang tujuannya adalah mengintegrasikan semua pembayaran non-tunai yang ada di Indonesia. Pembayaran ini dapat di pergunakan semua ponsel smartphone dengan memindai QR Code yang tertera.

Dengan menggunakan QR ini akan mempermudah kita dalam melakukan pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Sampai saat ini jumlah toko yang menggunakan pembayaran dengan screening kode QR sudah semakin meningkat. Tentu hal ini menjadikannya lebih efisien.

Jenis-Jenis Quick Response Code Indonesia Standar.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa dengan menggunakan pembayaran digital melalui QR Code ini akan mempermudah kita dalan melakukan transaksi. Setelah menjelaskan pengertiannya, selanjutnya akan dibahas apa saja jenis Quick Response Code Indonesia Standar.

  • Merchant Presented Mode Statis.

Jenis yang pertama adalah MPM Statis. Ini merupakan salah satu jenis QR yang cukup mudah di pergunakan. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu print out dan tempel pada bagian mudah di lihat dan di jangkau oleh banyak orang. Ketika akan membayar pesanan anda hanya scan saja lalu tulis nominal belanja, masukan password, dan klik bayar.

  • MPM Dinamis.

Jenis kedua ialah Merchant Presented Mode Statis atau MPM Statis. Perbedannya dengan jenis yang kedua ini ialah pihak merchand yang memasukan nominalnya terlebih dahulu sebelum melakukan scan barcode yang sudah di sediakan. Sedangkan pada jenis pertama, pelangganlah yang memasukam nominal belanjanya. MPM dinamis ini mungkin lebih cocok di gunakan untuk usaha menengah ke atas.

  • Customer Presented Mode.

Jenis yang ketiga ini justru pihak konsumenlah yang menunjukkan QR Code yang terlihat pada aplikasi pembayaran yang digunakan untuk di scan di tempat merchand nya. Biasanya, metode ini lebih ditujukan kepada merchand yang butuh transaksaksi yang cepat seperti membayar parkir, transportasi, dan lain-lain.

Itulah pembahasan mengenai pengertian dari QRIS dan jenis-jenisnya. Meski sebagian besar orang sudah memahami pembayaran berbasis digital ini, tetapi ada juga beberapa orang yang masih menggunakan pembayaran tunai. Maka dari iru, segera beralih pembayaran dengan menggunakan QRIS

Komentar
Artikel ini telah dibaca 140 kali

Baca Lainnya

Curiga Di Hack Orang Lain, Lakukan Cara Ini di HP Anda

28 Maret 2024 - 21:42 WIB

Curiga di hack orang

Isi Daya iPhone 15 Lemot? Ini Solusinya

26 Maret 2024 - 19:21 WIB

Isi Daya IPhone

Kebiasaan Sepele Yang Bisa Merusak Baterai Laptop

26 Maret 2024 - 18:31 WIB

Kebiasaan Sepele

Tips Dapat Nilai Bagus pada Tes Skolastik UTBK SNBT

11 Maret 2024 - 21:30 WIB

Tips dapat nilai bagus

Cara Mudah Keluarkan Air Dari IPhone, Jangan Gunakan Hair Dryer

8 Maret 2024 - 22:50 WIB

Isi Daya IPhone

Apa itu CMS: Pengertian, Fitur, Fungsi, dan Jenis

6 Maret 2024 - 20:33 WIB

Apa itu CMS
Trending di Teknologi