Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 28 Okt 2022 18:00 WIB ·

4 Penyakit yang Bisa Menular Melalui Ciuman


Img: Pexels/Rodolfo-Clix- Perbesar

Img: Pexels/Rodolfo-Clix-

4 penyakit yang bisa menular melalui ciuman –Berciuman di bibir dengan orang yang dicintai dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental. Namun, berciuman saat pasangan atau orang yang kamu cintai sedang sakit atau terinfeksi penyakit tertentu membuat kamu berisiko tertular penyakit yang sama, lho!

Menurut penelitian, pasangan yang berciuman sering kali memiliki jenis bakteri yang sama dalam air liur mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa ketika orang berciuman, bakteri berpindah di antara mereka.

Di sisi lain, beberapa berpendapat bahwa transfer bakteri bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Asumsi ini, bagaimanapun, belum terbukti secara klinis.

4 penyakit yang bisa menular melalui ciuman (Alodokter):

Flu/Pilek

Pilek dapat menyebar melalui udara atau cairan tubuh yang terkontaminasi di saluran pernapasan, seperti dahak atau lendir, dari orang yang terinfeksi. Jangan heran jika kamu masuk angin setelah berciuman dengan orang yang sedang pilek.

Herpes

Infeksi virus herpes simpleks menyebabkan herpes genital (HSV). Virus herpes simpleks terklarifikasi menjadi dua jenis: tipe 1 (HSV-1) dan tipe 2 (HSV-2) (HSV-2). HSV 1 umumnya menular dari mulut ke mulut, mengakibatkan herpes oral, infeksi herpes mulut dan bibir. Virus herpes simpleks, yang menyebabkan infeksi ini, dapat menular jika kamu mencium seseorang yang menderita herpes. Apalagi jika bibirnya melepuh.

Hepatitis B

Virus hepatitis B umumnya menular melalui kontak dengan cairan tubuh penderitanya, seperti darah, sperma, dan air liur. Kontak dengan orang yang terinfeksi hepatitis B dapat terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman, seperti berganti pasangan atau berbagi jarum suntik.

Namun, risiko penularan virus hepatitis B melalui ciuman masih belum diketahui. Jika mulut pasien tidak memiliki luka terbuka, kecil kemungkinan hepatitis B dapat menular ke orang lain melalui ciuman.

Radang tenggorokan

Radang tenggorokan sering disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri Streptococcus. Keduanya mudah menular melalui air liur. Jika kamu atau pasangan mengidap penyakit ini, sebaiknya hindari berciuman terlebih dahulu karena mudah menular melalui ciuman.

Mencium bibir dapat meningkatkan risiko kamu dan pasangan untuk tertular COVID-19, selain penyakit yang disebutkan di atas. Penyakit ini mudah menular melalui tetesan dari hidung atau mulut.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan