Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 11 Nov 2022 12:00 WIB ·

Penyakit yang Timbul Akibat Konsumsi Semangka Berlebihan


Img: Pexels/Rodion-Kutsaiev Perbesar

Img: Pexels/Rodion-Kutsaiev

Penyakit yang timbul akibat konsumsi semangka berlebihan —Semangka adalah buah besar dengan banyak manfaat kesehatan. Buah berdaging merah ini sangat manis dan menyegarkan, apalagi kita santap saat cuaca panas. Namun, apapun yang dikonsumsi berlebihan akan berbahaya. Bahaya makan semangka terlalu banyak bukanlah hal yang sepele.

Konsumsi semangka secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan kamu, mulai dari diabetes hingga kesehatan jantung. Semangka, di sisi lain, menimbulkan risiko kesehatan yang serius jika kamu konsumsi dalam jumlah besar. Oleh karena itu, kamu hanya boleh mengkonsumsinya saat perlu saja.

Penyakit yang timbul akibat konsumsi semangka berlebihan (Alodokter)

  • Membahayakan jantung

Bahaya pertama makan semangka terlalu banyak adalah membahayakan jantung. Pertimbangkan semangka sebagai sumber potasium yang baik.

Tubuh sebenarnya membutuhkan zat mineral ini. Kelebihan kalium dalam tubuh, di sisi lain, bisa berbahaya bagi jantung. Gejalanya berkisar dari detak jantung yang tidak teratur hingga denyut nadi yang lemah.

  • Menimbulkan elergi

Alergi semangka adalah risiko yang tidak boleh kamu abaikan. Jika kamu alergi terhadapnya, kamu mungkin mengalami gejala seperti ruam, bengkak, dan kesulitan bernapas, lho!

Anafilaksis (reaksi alergi yang berpotensi fatal) juga dapat terjadi. Itulah mengapa selalu dianjurkan untuk menghindari makanan yang menyebabkan alergi.

  • Memicu tekanan darah rendah

Semangka mengandung citrulline, asam amino yang dapat membantu tubuh mengelola tekanan darah tinggi. Citrulline juga merangsang produksi oksida nitrat tubuh, yang membantu menjaga pembuluh darah tetap fleksibel. Semangka kita anggap menurunkan tekanan darah karena efek ini.

Namun, jika kamu terlalu banyak mengonsumsi semangka, kamu akan mengalami tekanan darah rendah. Risiko semangka yang satu ini tidak boleh kita anggap remeh, karena hipotensi menyebabkan gejala yang membahayakan kesehatan.

  • Memiliki risiko peradangan hati

Bahaya selanjutnya adalah dapat membahayakan hati. Berhati-hatilah jika kamu suka minum alkohol dan makan banyak semangka. Karena kandungan likopen pada semangka, bila bersamaan dengan alkohol, akan meningkatkan risiko peradangan hati.

  • Meningkatkan risiko diabetes gestasional

Kandungan gula pada semangka menimbulkan risiko bagi ibu hamil. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, risiko diabetes gestasional pada ibu hamil meningkat, terutama pada mereka yang sudah mengidap diabetes. Itu sebabnya dokter sering menyarankan ibu hamil untuk tidak makan semangka terlalu banyak.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 57 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan