Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 6 Nov 2023 21:00 WIB ·

Perbedaan Proposal dan Skripsi, Dari Tujuan Hingga Pertimbangan


Ilustrasi Skripsi (img: persma radenintan.ac.id) Perbesar

Ilustrasi Skripsi (img: persma radenintan.ac.id)

Dalam dunia akademik, proposal dan skripsi adalah dua elemen penting dalam menyelesaikan program studi tingkat sarjana maupun pasca-sarjana. Proposal dan skripsi memiliki peran yang berbeda dalam proses penelitian dan pembuatan tesis, dan memahami perbedaan antara keduanya sangat penting. Artikel ini akan membahas perbedaan proposal dan skripsi dalam konteks penulisan penelitian.

Perbedaan Proposal dan Skripsi Pada Tujuan dan Ruang Lingkup

 

Proposal adalah dokumen awal yang diajukan untuk mendapatkan persetujuan dan dana untuk proyek penelitian. Proposal berisi rencana awal penelitian, tujuan, latar belakang, metode, serta rencana anggaran. Tujuan utama proposal adalah untuk meyakinkan pembimbing atau pihak yang memberikan dana bahwa penelitian tersebut bernilai untuk dikejar lebih lanjut. Skripsi, di sisi lain, adalah hasil akhir dari penelitian. Skripsi mencakup semua aspek penelitian yang telah selesai, dan tujuannya adalah untuk menyajikan temuan dan kontribusi penelitian yang telah dilakukan.

Bentuk Penulisan

Perbedaan Proposal dan Skripsi

Ilustrasi Menulis Skripsi (img: pexels.com by pixabay)

Proposal biasanya lebih singkat dan ringkas di bandingkan dengan skripsi. Proposal harus mampu menjelaskan inti dari penelitian dalam kata-kata yang terbatas, biasanya sekitar 10-20 halaman. Skripsi, di sisi lain, adalah dokumen yang lebih panjang dan lebih mendalam. Skripsi biasanya berisi 50-100 halaman atau lebih, tergantung pada aturan institusi dan disiplin ilmu.

Isi dan Struktur

Ilustrasi Isi Skripsi (img: pexels.com by talga riaz)

Proposal umumnya mencakup bagian-bagian seperti latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian yang akan di gunakan, serta daftar pustaka awal. Nam di sisi lain, memiliki struktur yang lebih komprehensif. Skripsi biasanya terdiri dari bab-bab yang mencakup pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Skripsi juga harus mencantumkan daftar pustaka yang lebih lengkap dan rinci.

Perbedaan Proposal dan Skripsi Dari Sisi Tingkat Kedalaman

Ilustrasi Menulis Skripsi (img: pexels.com by karolina grabowska)

Proposal biasanya hanya memberikan gambaran umum tentang penelitian yang akan dilakukan. Ini berarti bahwa proposal tidak harus menggali terlalu dalam ke dalam analisis atau presentasi data. Skripsi, di sisi lain, harus memberikan analisis yang lebih mendalam dan rinci tentang temuan penelitian, serta menunjukkan pemahaman yang lebih luas tentang konteks penelitian yang ada.

Evaluasi dan Pertimbangan

Perbedaan Proposal dan Skripsi

Ilustrasi Mengevaluasi (img: pexels.com by ron lach)

Proposal biasanya di nilai berdasarkan kualitas ide penelitian, kelayakan metodologi, serta kemampuan penulis untuk menjelaskan dengan jelas tujuan penelitian. Skripsi di nilai berdasarkan kontribusi penulis terhadap pengetahuan yang ada dalam disiplin ilmu yang bersangkutan, serta kualitas analisis dan argumentasi yang di tampilkan dalam teks.

 

Dalam kesimpulan, proposal dan skripsi adalah dua tahap berbeda dalam proses penelitian. Proposal adalah langkah awal untuk mendapatkan persetujuan dan dana untuk proyek penelitian, sedangkan skripsi adalah hasil akhir dari penelitian itu sendiri. Memahami perbedaan ini sangat penting bagi mahasiswa dan peneliti, karena ini akan membantu mereka menyusun proposal dan skripsi yang sesuai dengan tujuan dan persyaratan yang berlaku dalam konteks akademik.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Perbedaan Les Privat

Peran dan Fungsi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan

19 Mei 2024 - 20:21 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer? Pahami Seluk-beluknya!

19 Mei 2024 - 06:50 WIB

Tertarik Menjadi Script Writer
Trending di Edukasi