Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 13 Mei 2022 20:00 WIB ·

3 Perbedaan TOEFL dan IELTS


Img: scholarsofficial.com Perbesar

Img: scholarsofficial.com

Akhir-akhir ini banyak bermunculan istilah mengenai tes kemampuan berbahasa Inggris, tak terkecuali TOEFL dan IELTS. TEOFL ialah singkatan dari Testing of English as Foreign Language, sedangkan IELTS adalah International English Language Testing System. Keduanya sama-sama tes kemampuan berbahasa Inggris yang digunakan untuk mengambil perkuliahan di luar negeri. Akan tetapi, walaupun terdengar sama ternyata TOEFL dan IELTS merupakan dua tes yang memiliki beberapa perbedaan. Yuk, simak pemaparannya sebagai berikut.

 

1. Perbedaan Bahasa Inggris yang Digunakan

Pada umumnya, terdapat begitu banyak jenis bahasa Inggris di dunia ini. Akan tetapi, ada 2 jenis bahasa Inggris yang paling banyak diketahui, yaitu bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris British. Nah, tes TOEFL sendiri merupakan tes yang menggunakan bahasa Inggris Amerika, sedangkan tes IELTS menggunakan bahasa Inggris British.

 

2. Perbedaan Penilaian Tes

Jika dalam tes TOEFL kamu akan mendapatkan nilai akumulasi maksimal 120, pada tes IELTS yang akan kamu dapatkan adalah 9.0. Kemudian, nilai pada section di TOEFL adalah senilai 30, sedangkan pada IELTS adalah 9.0. Jadi, pada IELTS nilai yang kamu dapatkan tiap section akan dibagi sesuai jumlah section-nya yang biasanya adalah 4.

 

3. Perbedaan Tiap Section dalam Tes

Reading Section

Dalam reading section yang ada pada TOEFL, kamu akan mendapat 3 sampai 5 teks bacaan. Sementara itu, untuk reading section pada IELTS kamu akan mendapatkan 3 teks bacaan dengan total pertanyaan 40 buah.

Speaking Section

Pada speaking section ini kamu yang akan mengambil TOEFL akan bertemu dengan pertanyaan-pertanyaan pendek dari software pada komputer yang nantinya juga akan merekam jawabanmu. Kemudian, untuk tes IELTS, pertanyaan yang akan kamu dapatkan terbagi menjadi 3 bagian dalam beberapa topik.

Writing Section

Pada tes TOEFL, writing section yang akan kamu lalui memuat 2 bagian. Pada bagian pertama kamu wajib menyusun esai yang terdiri dari 300-350 kata. Kemudian, pada bagian kedua kamu akan menuliskan kembali apa yang kamu dengar pada sebuah audio. Sementara itu, pada tes IELTS writing section juga akan terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama kamu akan menulis sebuah report dari sebuah diagram dengan jumlah minimal kata adalah 150 kata. Lalu, untuk bagian kedua kamu akan menuliskan sebuah esai yang berupa reaksi kamu atas topik esai yang kamu dapatkan. Esai tersebut minimal harus berjumlah 250 kata. Nah, untuk topik-topik pada kedua tes tersebut akan ditentukan oleh pihak penyelenggara tesnya.

Listening Section

Pada listening section kamu akan mendapatkan dialog dan perkuliahan singkat baik untuk tes TOEFL maupun IELTS. Namun, ada perbedaan waktu yang berlaku. Untuk TOELF kamu memiliki waktu 40 sampai 60 menit, sedangkan untuk IELTS adalah 30 menit.

 

Nah, itulah 3 perbedaan TOEFL dan IELTS. Setelah tahu perbedaan-perbedaannya, jangan keliru lagi. Fokuskan diri kamu pada tes yang memang sangat kamu perlukan.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Kuliah Kerja Nyata: Pengertian, Tujuan & Manfaatnya

27 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kuliah Kerja Nyata

Transkrip Nilai: Pengertian, Fungsi dan Cara Mendapatkannya

27 Mei 2024 - 21:40 WIB

Kendala Yang Sering Dialami

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

UKT Naik, Ini Strategi Mahasiswa Dalam Menyikapinya

21 Mei 2024 - 20:42 WIB

Ukt naik

Perbedaan Les Privat dan Bimbel Yang Perlu Dipahami

20 Mei 2024 - 21:44 WIB

Transkrip Nilai
Trending di Edukasi