Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 19 Jul 2022 13:00 WIB ·

5 Perguruan Tinggi Negeri Tertua di Indonesia


Img: news.detik.com Perbesar

Img: news.detik.com

Berbicara pasal pendidikan di Indonesia, istilah perguruan tinggi tentunya tidak bisa terlewatkan. Nah, tahukah kamu bahwa ada beberapa perguruan tinggi tertua di Indonesia yang sudah ada bahkan sebelum proklamasi Indonesia? Kira-kira perguruan tinggi mana aja, ya? Yuk, simak 5 perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia berikut!

 

1. Universitas Indonesia

Nama Universitas Indonesia atau UI ini pasti sudah tidak asing bagi kita. Tentu saja mengingat UI adalah salah satu dari beberapa kampus TOP dan ternama di Indonesia. Siapa sangka kampus ini ternyata adalah salah satu kampus tertua di Indonesia. UI telah berdiri sejak tahun 1849, jauh sebelum masa kemerdekaan. Tentunya pada masa itu nama kampus ini bukanlah Universitas Indonesia seperti sekarang. Dahulu UI adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang bernama Dokter-Djawa School sebelum berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau STOVIA pada 1898. Kemudian pada tahun 1987, kampus UI yang berada di Depok mulai memasuki proses pembangunan.

 

2. Institut Teknologi Bandung

Berikutnya ada kampus yang menjadi institut terbaik di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung atau ITB. Berdasarkan catatan sejarah, kampus ITB telah berdiri sejak tahun 1920. Bahkan, kampus ini banyak tercatat sebagai kampus bentukan Belanda dengan nama Technishe Hooge School (THS). Pada masa kedudukan Jepang, nama itu pun berubah menjadi Bandung Kogyo Daigaku. Kemudian, peresmian nama Institut Teknologi Bandung atau ITB terjadi pada tahun 1959.

 

3. Universitas Gadjah Mada

Pada urutan ketiga ada kampus yang juga menjadi kampus TOP dan favorit di Indonesia, yaitu Universitas Gadjah Mada atau UGM. Universitas Gadjah Mada merupakan hasil dari pendirian oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949. Hal itulah yang menjadikan UGM sebagai kampus pertama yang Pemerintah Indonesiakan dirikan setelah kemerdekaan. 

 

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Keempat ada kampus yang menjadi pelopor fakultas kedokteran hewan di Indonesia, yaitu Institut Pertanian Bogor atau IPB. Institut Pertanian Bogor berdiri pada tahun 1938 oleh Pemerintahan Belanda pada masa itu. IPB dahulunya bernama sekolah pertanian atau Landbouw Hogeschool.

 

5. Universitas Airlangga

Selanjutnya ada Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga atau yang populer dengan sebutan UNAIR resmi berdiri pada tahun 1847 di bawah Pemerintahan Belanda. Dahulunya UNAIR bernama NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School).

 

Nah, itulah 5 perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts