Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 10 Feb 2023 16:00 WIB ·

Perilaku Prokrastinasi? Apakah Kamu Juga?


Pinterest : @pngtree Perbesar

Pinterest : @pngtree

Perilaku Prokrastinasi ? Apakah Kamu Juga ? – Sebagian orang sering melakukan hal menunda-nunda pekerjaan. Mungkin apakah kamu juga termasuk ?. Ada kecenderungan ketika ingin melakukan suatu pekerjaan malah berfikir “Ah, nanti saja deh” atau mungkin “Nanti deh belum mood”. Bahkan ada juga yang sudah menggunakan Motto “Kalau bisa kerjakan besok, kenapa harus sekarang?”. Mungkin sebagian dari kamu yang membaca ini sudah merasa tersindir ya. Nah, tapi tahukan kamu jika kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan tersebut ada sebutannya sendiri loh. Namanya adalah Prokrastinasi.

Apa itu Prokrastinasi ?

Prokrastinasi sendiri berasal dari Bahasa latin ‘Pro’ dan’ Cratinus’. Kata ‘Pro’ sendiri memiliki arti ‘maju’, ‘kedepan’,’lebih menyukai’. Sedangkan ‘Cratinus’ memiliki arti ‘besok’. Jadi secara asal katanya bisa kita artikan ‘lebih suka mengerjakan besok’. Secara harfiah Prokrastinasi adalah tindakan yang cenderung seseorang lakukan untuk menunda – nunda dalam menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan.

Jadi biasanya para pelaku Proktastinasi akan mencari – cari alasan untuk menunda pekerjaan yang akan mereka lakukan dan menyibukkan diri dengan hal – hal lainnya untuk menghindari mengerjakan tugas yang utama tersebut. Atau jika kamu tahu dengan sebutan “Deadliner” maka itulah yang menggambarkan perilaku Prokrastinasi ini.

Jenis Jenis Prokrastinasi ?

Prokrastinasi sendiri menurut alasannya terbagi menjadi 2, yaitu Prokrastinasi Aktif dan Prokrastinasi Pasif.

  1. Prokrastinasi Aktif

Para pelaku Prokrastinasi aktif ini biasanya identik dengan perilaku yang menunda dengan sengaja pekerjaan yang mereka kerjakan. Mereka merasa lebih baik mengerjakan nanti nanti saja. Selain itu mereka juga cenderung merasa jika mengerjakan tugas ketika mepet dengan deadline atau tenggat yang diberikan maka itu bisa memacu mereka lebih produktif dan memunculkan ide yang bisa dengan cepat menyelesaikan pekerjaannya.

  1. Prokrastinasi Pasif

Untuk perilaku Prokrastinasi pasif ini memiliki sedikit sisi positif dari pada perilaku Prokrastinasi aktif. Ini karena para perilaku Prokrastinasi pasif memiliki alasan tersendiri untuk menunda pekerjaannya. Contohnya seperti ketika mengerjakan sebuah tugas mereka membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikannya dikarenakan mereka sulit untuk mengambil keputusan, ada kebimbangan tersendiri, dan juga mereka merasa ingin melakukan yang terbaik sehingga membutuhkan waktu lebih ketika mempersiapkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

 

Bagaimana Cara Menghindari Perilaku Prokrastinasi ?

  1. Buat List Target

Kita harus punya target, list, dan skala prioritas urutan apa saja yang mana akan kita kerjakan terlebih dahulu secara runtut, agar bisa melakukan semua pekerjaan secara terstruktur.

  1. Buat Suasana Productive

Buat diri kita dalam mood, situasi, dan kondisi sebaik mungkin. Jika factor sekitar mendukung akan membuat kita nyaman dan bisa menyelesaikan tugas dengan cepat dan baik.

  1. Biasakan Disiplin

Setelah melakukan semua hal dengan baik, pastikan kita bisa disiplin. Kita harus bisa konsisten dan juga menepati apa yang sudah kita susun sendiri.

  1. Jangan Anggap Remeh Pekerjaan

Kurangi menganggap sebuah tugas atau pekerjaan remeh dan mudah, semua pekerjaan tidak akan selesai jika kita tidak mau mulai mengerjakannya.

  1. Kerjakan Sering Walau Sedikit

Jika tugas yang kita miliki dirasa berat, maka kita bisa mencoba mengerjakannya sedikit demi sedikit supaya tidak akan menjadi beban ketika sudah mendekati tenggat waktu dan bisa menyelesaikan sesuai Deadline.

 

Setelah membaca ini bagaimana menurut kalian, apakah kalian termasuk pelaku prokrastinasi ? Jika iyya, maka yuk ada baiknya untuk mengurangi hal itu. Bisa coba mulai dari apakah kamu memiliki tugas atau pekerjaan yang belum kamu selesaikan saat ini ? Jika iyya  maka kamu bisa mulai untuk mengerjakannya sekarang.

 

Salam,

Tim Media Edukasi

 

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 105 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kuliah Kerja Nyata: Pengertian, Tujuan & Manfaatnya

27 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kuliah Kerja Nyata

Transkrip Nilai: Pengertian, Fungsi dan Cara Mendapatkannya

27 Mei 2024 - 21:40 WIB

Kendala Yang Sering Dialami

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Mengenal Akuaponik: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya

23 Mei 2024 - 22:10 WIB

Trending di Edukasi