Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 3 Jun 2022 23:32 WIB ·

Ketahui Posisi Tidur Terbaik Bagi Tubuh Menurut Kesehatan


Img: Pexels/Miriam Alonso Perbesar

Img: Pexels/Miriam Alonso

Mengutip dari buku 101 Daily Life Hacks karya Dayu Pratyahara, mengatakan bahwa tidur cukup dan teratur hingga sekarang masih sangat berpengaruh baik bagi tubuh. Menurut penelitian, tudur kapan saja dan di mana saja asalkan selama 7 jam sehari dapat mengembangkan kinerja otak, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan energi. Posisi tidur juga memiliki pengaruh penting dalam kekebalan tubuh, metabolisme, kemampuan belajar, dan sebagainya. Kemudian jika tidur tidak terasa nyaman dan nyenyak maka tubuh akan merasa sakit. 

Sehingga sangat penting untuk memahami posisi tidur yang baik untuk mendapatkan kesempatan tidur yang berkualitas. Posisi tidur sendiri terdapat 3 jenis, yaitu posisi miring (kiri dan kanan), telentang, dan tengkurap.

Posisi menyamping

Tidur miring dikenal cukup direkomendasikan untuk dilakukan karena mampu mengurangi dengkuran, baik untuk kesehatan pencernaan, hingga sembelit pada perut. Selain itu posisi miring ke kiri dianggap dapat memudahkan melancarkan sirkulasi darah menuju jantung.

Menyamping juga cocok untuk mengurangi dengkuran di malam hari. Tidur miring ini juga baik untuk wanita hamil, penderita penyakit asam lambung, dan penderita sleep apnea. Meski banyak manfaatnya, posisi tidur ini tidak dianjurkan bagi penderita sakit punggung dan sakit punggung. Pada wanita, menyamping akan menyebabkan payudara mengendur dan muncul kerutan di wajah.

Posisi telentang

Posisi tidur telentang memiliki banyak sekali manfaat. Telentang dapat menjaga postur tulang belakang tetap lurus dan membantu meredakan nyeri pada leher, bahu, dan pinggu serta lutut. Telentang juga dapat mengurangi tekanan pada punggung atau sendi.

Selain itu, tidur telentang mampu meminimalisir kerutan di wajah serta membuat wajah tampak lebih segar saat bangun tidur. Hal ini karena wajah menghadap ke atas sehingga tidak ada bagian yang tertekan. Meski mempunyai beragam manfaat, tidur terlentang kurang baik bagi orang yang tidurnya mendengkur, dan pengidap sleep apnea (kondisi seseorang yang menyebabkan pernapasan berhenti selama beberapa kali saat tidur).

Posisi tengkurap

Posisi tidur tengkurap adalah posisi yang paling tidak baik dan tidak direkomendasikan oleh kesehatan. Sebab, pada posisi tengkurap kita tidak menjadikan tulang belakang dan punggung sebagai penyangga tubuh, sehingga dapat mengakibatkan berbagai masalah pada pada titik tubuh tertentu. Tengkurap hanya dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah ngorok terlalu keras saat tidur.

Karena posisi leher hanya berputar di satu sisi per jam, jika kamu tidur dalam posisi ini terlalu sering, kamu mungkin mengalami rasa sakit, sesak, atau kesemutan. Bahkan tengkurap ini tidak cocok untuk mereka yang ingin menghindari kerutan. Namun, jika kamu terbiasa dalam tengkurap, jangan lupa untuk menopang kepala dengan bantal dan pandangan tetap mengarah ke bawah, bukan ke kiri atau ke kanan.

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan