Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 9 Mei 2022 23:37 WIB ·

PowerPoint Hacks Agar Presentasimu Lebih Menarik


Img: pinhome.id/ Intan Malika Putri Perbesar

Img: pinhome.id/ Intan Malika Putri

Beberapa orang kurang memahami aturan dan faktor yang harus diperhatikan dalam membuat PowerPoint yang baik dan menarik. Faktanya, menarik perhatian audiens sangat penting untuk menyampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan dengan benar. 

Jadi, jika kamu salah satu dari orang-orang yang tidak tahu dasar-dasar membuat presentasi yang menarik, bacalah tips power point berikut untuk meningkatkan keahlian presentasi kamu!

Gunakan latar belakang yang sederhana, kontras, dan konsisten

Powerpoint hacks

Img: Canva

Saat memilih latar belakang untuk presentasi, kamu harus memperhatikan tiga faktor penting: kesederhanaan, kontras, dan konsistensi. Jika kamu tidak memikirkan tiga hal ini, alih-alih membuat presentasi dengan desain yang menarik, kamu malah membuatnya terlihat konyol dan norak. Seperti slide pada gambar di atas; terlihat sederhana dan menarik, kan?

Hindari menggunakan font yang beraneka ragam

 

Powerpoint hacks

Img: Canva

Menggunakan berbagai font dalam satu slide power point adalah sesuatu yang banyak orang lakukan. Sayangnya, ini sangat berbahaya karena dapat membuat presentasi tampak norak dan sulit dimengerti. Jika kamu ingin bereksperimen dengan font, cobalah Arial, Arial Black, Poppins, dan Tahoma. Hindari menggunakan banyak font pada satu slide PowerPoint!

Gunakan 6 bullet saja dalam satu slide

Powerpoint hacks

Img: Canva

Penggunaan bullet atau poin-poin biasanya berguna untuk menekankan dan memadatkan informasi penting. Namun, kamu harus menyadari bahwa penggunaan bullet yang baik tidak melebihi enam dalam satu slide. Sebaiknya menggunakan tidak lebih dari 6 bullet dalam satu slide.

Pilih warna yang sesuai antara tulisan dan background

Img: Canva

Banyak kesalahan yang terjadi dalam pemilihan warna background maupun tulisan. Kombinasi warna yang berlebihan membuat presentasi jadi lebay dan semrawut yang pastinya membuat pusing audiens. Hindari penggunaan lebih dari 3 warna dalam satu slide. Pilih warna yang menampilkan tulisan dengan jelas serta tidak menyatu dengan background. Begitu pula dengan pemilihan warna dan instrumen visual data seperti grafik dan diagram. Sebaiknya, tentukan tema untuk satu file tersebut untuk disesuaikan semua slide, baik tulisan maupun background dan objek pendukung lainnya.

Atur gambar dengan size yang sama

Powerpoint hacks

Img: Canva

Jika kamu memerlukan beberapa gambar dalam satu slide, atur size semua gambar menjadi sama untuk memberi kesan rapi pada materi PowerPoint. Hindari gambar yang terlalu kecil, terlalu besar hingga melewati garis batas slide, juga hindari bingkai/bentuk gambar yang aneh-aneh (tidak simetris). Karena akan membuat presentasi kamu tidak menarik. Normalnya menggunakan bingkai persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga, segi enam, piramida, kerucut, dan sebagainya.

Dijamin setelah menerapkan beberapa PowerPoint hacks di atas, presentasi yang kamu buat akan terlihat lebih menarik. Yuk, cobain tipsnya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 539 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack