Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 29 Jul 2022 12:00 WIB ·

4 Sayuran Baik untuk Jantung Menurut Ahli


4 Sayuran Baik untuk Jantung Menurut Ahli Perbesar

 

Tekanan darah tinggi dan kolesterol, diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, dan pola makan yang tidak sehat semuanya dapat berkontribusi pada kesehatan jantung yang buruk. Namun demikian, ada cara untuk meningkatkan kesehatan jantung, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran.

Diet sehat mencakup banyak sayuran padat nutrisi. Semua sayuran adalah superstar dalam hal kesehatan jantung, kata ahli gizi The Nutrition Twins Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos Shames. Menurut penelitian, makan sayuran secara teratur mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

 

Berikut 4 sayuran terbaik untuk jantung menurut penelitian:

Bayam

“Dalam hal kesehatan jantung, bayam sangat populer,” kata The Nutrition Twins. “Tekanan darah tinggi berbahaya bagi jantung, dan bayam menurunkan tekanan darah dengan mengandung nitrat, yang membantu membuat arteri tidak terlalu kaku dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi dinding pembuluh darah.”

Karena kandungan vitamin K yang tinggi, sayuran hijau ini dapat membantu pembekuan darah. Menurut penelitian yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan sayuran berdaun hijau, seperti bayam, secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Kubis krussel

Menurut Nutrition Twins, sayuran seperti kubis Brussel dapat membantu mencegah penyumbatan arteri, yang merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke ini tercantum dalam dalam Journal of American Heart Association.

Menurut The Nutrition Twins, “banyak manfaat sehat jantung dari kubis Brussel adalah karena serat, karotenoid, folat, serat, dan vitamin C, E, dan K.” “Selain senyawa belerangnya, yang terkenal sebagai glukosinolat, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan kolesterol LDL,” kata artikel tersebut.

Bawang bombay

Bawang adalah sumber fitokimia kaya sulfur yang baik, menurut The Nutrition Twins. Fitokimia ini menurunkan kadar kolesterol dan menghancurkan gumpalan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurut The Nutrition Twins, “antioksidan kuat bawang, termasuk quercetin, melawan peradangan kronis yang terkait dengan semua penyakit, termasuk penyakit jantung, dan juga menurunkan trigliserida dan kolesterol.” Quercetin juga telah terbukti menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Tomat

Tomat, menurut ahli gizi, kaya akan antioksidan pelindung jantung. Likopen, beta-karoten, folat, kalium, vitamin C, flavonoid, dan vitamin E adalah di antaranya.

“Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam tomat mengurangi kolesterol LDL ‘jahat’, tekanan darah, dan homosistein (ukuran peradangan dan faktor risiko independen untuk penyakit jantung), dan membuat sel kurang lengket, memungkinkan aliran darah lebih mudah” kata mereka.

Lebih lanjut, The Nutrition Twins mengklaim bahwa tomat yang dimasak mengandung antioksidan empat kali lebih banyak seperti likopen dan beta-karoten.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan