Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 11 Des 2022 18:00 WIB ·

Simak Dampak Buruk Ruangan Ber-AC Bagi Kesehatan


Img: Pexels-Helena-Lopes Perbesar

Img: Pexels-Helena-Lopes

Simak Dampak Buruk Ruangan Ber-AC Bagi Kesehatan –Saat ini keberadaan air conditioner (AC) sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terhindarkan. Penggunaan AC tidak lagi terbatas pada satu lokasi, tetapi dapat kita temukan hampir di mana saja di mana orang menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dengan kamar tidur, pindah ke kantor dan terakhir ke mobil.

Pengatur suhu ini perlu untuk memastikan ruangan tetap dingin dan nyaman selama kamu berada di dalamnya. Namun, terpapar udara ber-AC sepanjang hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Apa sebenarnya itu? Simak ulasan berikut ini!

Simak Dampak Buruk Ruangan Ber-AC Bagi Kesehatan

Gangguan pernafasan

Jika ruangan terus-menerus ber-AC, produksi lendir yang mengiritasi membran akan terus berlanjut, mengakibatkan kekurangan oksigen. Tidak hanya itu, AC mengandung bahan kimia seperti paradichlorobenzene dan formaldehyde yang dapat menyebabkan asma dan gangguan pernapasan lainnya.

Sistem imun menurun

Minimnya sirkulasi udara segar di dalam ruangan akibat penggunaan AC secara terus menerus meningkatkan potensi penularan agen infeksius seperti kuman, bakteri, dan virus. Jika satu orang sakit di suatu ruangan, kemungkinan besar orang lain juga akan sakit.

Ada juga dampak negatif pada sistem kekebalan tubuh akibat udara sekitar yang relatif lembab. Flu adalah contoh masalah kesehatan yang dapat muncul di ruangan ber-AC karena gangguan sistem kekebalan tubuh.

Mata dan Kulit menjadi kering

Pada kenyataannya, masalah ini hanya terlihat jika kamu tidur dalam waktu lama di ruangan ber-AC. Bagi kamu yang seharian bekerja di kantor dengan AC, masalah ini setidaknya pernah kamu coba. Udara dingin dari AC dapat menyerap kelembaban dari kulit dan mata. Elastisitas kulit menurun karena sirkulasi aerasi yang buruk.

Akibatnya, kulit tampak kemerahan atau bersisik. Menanggapi kekeringan okular, mata menjadi merah dan mudah berair. Dalam jangka panjang, kamu berisiko terlihat lebih tua, terkelupas, dan tidak segar karena tingkat kelembapan kulit kamu berkurang drastis.

Mudah lelah

Pengaruh udara AC terhadap kesehatan yang patut disadari adalah membuat tubuh lebih mudah lelah. Disadari atau tidak, hal ini sering terjadi akibat kurangnya udara segar di paru-paru. Tidak hanya merasa kelelahan, berbagai gangguan seperti gejala gangguan syaraf dan mual juga akan muncul.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan