Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 3 Apr 2023 18:00 WIB ·

Simak Tips Berpuasa bagi Penderita Maag


Img: Pexels/kelvin-agustinus Perbesar

Img: Pexels/kelvin-agustinus

Simak Tips Berpuasa bagi Penderita Maag –Sakit maag atau dispepsia adalah istilah untuk serangkaian gejala yang parah di perut bagian atas, seperti sakit perut, perut penuh, kembung, dan rasa panas di ulu hati. Kekambuhan tukak lambung dapat karena berbagai faktor, antara lain pola makan yang tidak teratur, konsumsi makanan yang mengandung gas, dan stres.

Simak Tips Berpuasa bagi Penderita Maag

Puasa di bulan Ramadan bisa jadi terasa berat bagi penderita maag yang sering disarankan untuk tidak melewatkan waktu makan. Namun, bukan berarti penderita maag tidak bisa berpuasa, lho! Yuk, simak tips berpuasa bagi penderita maag!

Tidak makan terburu-buru

Selama puasa, kamu mungkin menemukan diri kamu makan terburu-buru pada berbuka dan sahur. Tapi ingat untuk tidak makan secukupnya. Selain itu, hindari makan banyak dalam satu waktu.

Kecenderungan makan terlalu cepat, terutama saat mengobrol, bisa menyebabkan banyak udara masuk ke saluran pencernaan dan membuat perut sesak. Alhasil, coba lakukan peregangan terlebih dahulu agar kamu bisa makan dengan tenang dan perlahan.

Hindari makanan pantangan

Hindari makan makanan yang dapat menyebabkan sakit maag, seperti sosis dan pizza, serta makanan yang terlalu dingin. Begitu pula, pilihlah minuman yang tidak mengandung kafein atau soda untuk menghindari sakit maag.

Hindari tidur setelah makan

Setelah sahur, kamu mungkin masih merasa lelah dan ingin tidur. Namun, kamu tidak perlu langsung tidur setelah makan. Ini karena langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan kram perut.

Namun, jika itu tidak nyaman, kamu bisa tidur dengan posisi setengah duduk, dengan posisi kepala dan bahu tetap lebih tinggi dari posisi perut. Caranya adalah dengan menopang kepala dan bahu dengan tumpukan bantal. Posisi ini dapat mencegah makanan kembali ke kerongkongan.

Konsumsi karbohidrat kompleks

Disarankan agar kamu mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang dapat menyebabkan kamu kenyang lebih lama. Karena jumlah gula dalam darah kamu akan berangsur-angsur meningkat dan bertahan lebih lama. Selain itu, kamu tidak akan merasa mudah lapar selama berpuasa.

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang dicerna dengan lambat dan mengandung serat dalam kadar tinggi. Beberapa contoh karbohidrat kompleks antara lain kentang, pisang, beras gandum, dan oatmeal.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan