Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 7 Jul 2022 12:00 WIB ·

Keren! Ini Stasiun Kereta Api Terbesar di Indonesia


Img: heritage.kai.id Perbesar

Img: heritage.kai.id

Setelah mengetahui stasiun-stasiun tertua di Indonesia, kurang afdal jika kita tidak mengetahui stasiun-stasiun yang menjadi stasiun terbesar di Indonesia. Dalam memfilter stasiun-stasiun terbesar tersebut, ada beberapa faktor yang memengaruhi. Faktor tersebut antara lain adalah jumlah atau banyaknya jalur kereta, padatnya aktivitas kereta yang berhenti atau singgah di stasiun tersebut, kelengkapan fasilitas di stasiun, dan lain sebagainya. Nah, berikut adalah stasiun kereta api terbesar di Indonesia.

 

1. Stasiun Hall Bandung

Berada di daftar stasiun terbesar di Indonesia, Stasiun Hall Bandung merupakan stasiun yang ada di Bandung dengan bangunan yang cukup luas. Bangunan yang luas itu dapat menampung 6 jalur kereta, dipo induk, serta bengkel kereta. Selain itu, stasiun Hall Bandung ini juga menjadi salah satu stasiun kereta api utama di Bandung.

 

2. Stasiun Gambir

Berikutnya ada Stasiun Gambir yang menjadi stasiun terbesar di Indonesia. Dengan kemampuan stasiun ini untuk melayani hampir seluruh lapisan dari kelas-kelas yang Kereta Api Indonesia miliki, Stasiun Gambir berhasil menjadi stasiun terbesar dengan fasilitasnya yang lengkap. Kelengkapan fasilitas itu berhasil tertampung dalam 3 lantai yang stasiun ini miliki. Mulai dari aula utama, ATM center, loket, toko, hingga restoran cepat saji ada di Stasiun Gambir ini. Dengan tujuan utama menuju Pulau Jawa, Stasiun Gambir memiliki 4 jalur kereta api.

 

3. Stasiun Pasar Senen

Selanjutnya yang ada di daftar stasiun terbesar di Indonesia adalah Stasiun Pasar Senen. Stasiun yang ada di wilayah Jakarta ini memiliki jalur kereta sejumlah 6 jalur dan biasa untuk melayani keberangkatan dan kedatangan kelas ekonomi. 

 

4. Stasiun Yogyakarta

Teruntuk kalian warga Yogyakarta atau perantau di kota ini pasti sudah tidak asing dengan stasiun ini. Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu merupakan stasiun yang ada di Yogyakarta dan menjadi salah satu stasiun terbesar di Indonesia. Selain populer dengan keunikannya yang menggunakan 3 bahasa di wilayah stasiun, yaitu bahasa Jawa, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, Stasiun Tugu juga populer dengan statusnya sebagai stasiun tersibuk di Pulau Jawa. Stasiun Yogyakarta memiliki 6 jalur kereta yang terdiri dari peron selatan dan peron utara dengan terowongan yang menghubungkan kedua peron.

 

5. Stasiun Surabaya Gubeng

Gubeng Station atau Stasiun Gubeng adalah stasiun yang berada di Jawa Timur. Selain menjadi stasiun kereta api terbesar di Jawa Timur, Stasiun Gubeng juga berhasil menjadi salah satu stasiun terbesar di Indonesia. Stasiun ini memiliki dua sisi yang berbeda, yaitu Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Gubeng Lama. 

 

Nah, itulah stasiun kereta api terbesar di Indonesia. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 109 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts