Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 29 Sep 2022 12:00 WIB ·

Tidak Harus Beras, Ternyata Ada Sumber Karbohidrat Lain, Lho!


Img: Pexels/tomasz-filipek Perbesar

Img: Pexels/tomasz-filipek

Sumber karbohidrat mudah didapat dalam menu makanan kita sehari-hari. Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi agar dapat berfungsi dengan baik. Lantas, apa saja sumber karbohidrat terbaik untuk kesehatan?

Karbohidrat merupakan salah satu jenis zat gizi makro yang sangat penting. Karbohidrat memiliki glukosa untuk sistem metabolisme tubuh untuk berubah menjadi energi.

Jenis karbohidrat terbagi menjadi dua jenis: karbohidrat sederhana yang mudah tercerna dan karbohidrat kompleks yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk tercerna.

Keduanya sangat bermanfaat bagi tubuh. Menurut situs Mayo Clinic, manusia mendapatkan 45-65% kalorinya dari karbohidrat. Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih sumber dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk menghindari risiko gangguan kesehatan.

Berikut ini berbagai sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, saat ingin mengkonsumsinya sesuaikan dengan kebutuhan karbohidrat kamu, ya!

Beras

Secara umum nasi merupakan sumber karbohidrat utama yang masyarakat Indonesia konsumsi. Beras merupakan biji-bijian dengan kandungan karbohidrat yang relatif tinggi, dengan kurang lebih 28 gram karbohidrat per 100 gram beras. Ada beberapa jenis beras yang banyak tersedia, antara lain: beras putih, beras merah, beras coklat, beras ketan, dan beras basmati.

Ubi

Ubi jalar dapat kamu jadikan sebagai alternatif sumber energi bagi tubuh. Tidak hanya enak dan mengenyangkan, tetapi juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Madu dan ubi ungu kaya akan antioksidan yang dapat melindungi mata dari radikal bebas dan beta karoten.

Mereka mengandung 20 gram karbohidrat per 100 gram. Bahan makanan ini memiliki beberapa jenis, yaitu: ubi jalar putih, ubi jalar madu, ubi jalar merah, dan ubi jalar ungu.

Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat kompleks yang rasanya manis dan mudah dicerna. Ini populer sebagai makanan ringan sekaligus sebagai hidangan utama. Setiap 100 gram sajian mengandung 21 gram karbohidrat.

Kentang

Banyak orang percaya bahwa kentang adalah jenis karbohidrat yang buruk. Padahal, menurut pernyataan ahli diet Andrea Dunn di situs Cleveland Clinic, kentang aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Ada sekitar 17 gram kandungan karbohidrat dalam setiap 100 gram kentang.

Gandum

Gandum kaya akan karbohidrat kompleks dan mengandung berbagai vitamin dan mineral. Makanan yang tergolong biji-bijian yang tinggi serat ini dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Setiap 100 gram sajian gandum mengandung 37-41 gram karbohidrat. Gandum dapat kamu temukan dalam berbagai makanan, termasuk roti gandum dan pasta.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan