Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 26 Agu 2022 12:00 WIB ·

Sering Menangis Tanda Stres Berlebihan, Simak Gejala Lainnya!


Img: pexels-timur-weber Perbesar

Img: pexels-timur-weber

Kita semua pasti pernah mengalami stres dari waktu ke waktu, dan ada banyak pemicunya. Masalah pekerjaan, sosial, keuangan, kesehatan, atau gaya hidup, atau kombinasi dari semuanya, dapat menyebabkan stres. Misalnya, menjadi orang tua, pindah rumah, memulai pekerjaan baru, atau mengambil tanggung jawab baru semuanya bisa menjadi pengalaman yang menambah beban pikiran.

Stres tidak menjadi masalah untuk waktu yang singkat, tetapi jika dibiarkan, itu dapat berdampak signifikan pada kehidupan dan kesejahteraan kamu. Namun, orang sering gagal mengenali bahwa mereka sedang mengalaminya, alih-alih melihat gejalanya sedini mungkin.

Menyadari bahwa kamu sedang tidak baik-baik saja akan memungkinkan kamu untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya dan kembali ke diri kamu yang lebih sehat dan lebih bahagia. Simak beberapa tanda kamu sedang stres menurut NuffieldHealth:

Selalu merasa lelah

stres

Img: pexels-min-an

Stres mempengaruhi tubuh kamu secara fisiologis dengan melepaskan hormon ke dalam aliran darah kamu yang meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan kamu. Ketegangan konstan pada sistem kamu ini bisa melelahkan, membuat kamu lelah sepanjang waktu.

Dalam cruel twist, keadaan ini juga bisa membuat kamu tetap terjaga di malam hari. Stres telah terbukti mengaktifkan sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal di otak, yang mengatur tidur dan terjaga. Kamu mungkin mengalami kurang tidur dan mendapati diri kamu berulang kali membahas masalah yang sama di kepala kamu. Ini adalah otak kamu bekerja keras untuk menemukan solusi.

Sakit Kepala

stres

Img: pexels-andrea-piacquadio

Sakit kepala yang tegang bisa jadi merupakan salah efeknya. Berlangsung selama setengah jam hingga beberapa jam, sakit kepala ini terasa seperti tekanan di kedua sisi kepala dan juga bisa disertai dengan leher dan bahu yang tegang. Jika kamu menderita sakit kepala ini secara teratur, sangat mungkin kamu menderita stres.

Rawan sakit

stres

Img: pexels-andrea-piacquadio

Stres memiliki dampak signifikan pada kesehatan kita secara keseluruhan dengan menekan sistem kekebalan tubuh. Ini karena ketika kita stres, kita melepaskan kortisol ke dalam aliran darah kita, dan ketika kortisol dilepaskan, hormon pendukung kekebalan DHEA tidak dapat dilepaskan pada saat yang bersamaan, yang mengakibatkan sistem kekebalan melemah. Jadi, jika kamu sering masuk angin atau berjuang untuk menghilangkannya, itu bisa jadi karena sistem kekebalan tubuh yang lemah, yang bisa disebabkan oleh kelelahan secara mental atau yang lain seperti burnout.

Sering menangis

Img: pexels-emre-keshavarz

Respons emosional ini dapat menyebabkan air mata serta atau bukannya lekas marah pada beberapa orang. Namun, air mata lebih dari sekadar efek stres; mereka juga memiliki peran dalam membantu kamu dalam mengatasinya. Menangis menyebabkan pelepasan hormon penyebab stres berlebih seperti kortisol. Jadi merasa lebih baik setelah menangis bukanlah mitos; itu karena pelepasan hormon.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur
Trending di Kesehatan