Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 31 Okt 2022 09:00 WIB ·

Ternyata, ini Asal Usul Halloween! Sudah Tahu Belum?


img: pexels/Yaroslav Perbesar

img: pexels/Yaroslav

Setiap tanggal 31 Oktober, masyarakat di belahan dunia khususnya Eropa, banyak yang merayakan Halloween. Lalu, bagaimana pengertian dan asal usul Halloween? Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar tidak penasaran!

Asal usul Halloween

Perayaan halloween bermula dari festival bangsa Celtic Kuno, yaitu Samhain. Mereka percaya bahwa saat malam sebelum tahun baru, terdapat batas antara orang hidup dan mati. Oleh karena itu, setiap malam tanggal 31 Oktober, mereka merayakan festival Samhain dan meyakini roh orang mati akan kembali ke bumi.

Perayaan inilah yang akhirnya turun-temurun dilakukan hingga muncul lah perayaan Halloween yang kita kenal sekarang.

Simbol Halloween

Nah, pernahkan kamu bertanya-tanya, kenapa selalu ada labu di setiap Halloween? Labu yang berbentuk seperti wajah menyeramkan memang menjadi simbol perayaan Halloween.

Karakter wajah itu ternyata adaptasi dari tokoh bernama Jack O’Lantern, lho! Jack O’Lantern adalah arwah yang berhasil mengelabui iblis agar ia tidak masuk ke neraka. Namun, O’Lantern juga tidak diizinkan masuk ke surga karena dosa-dosa yang ia perbuat.

Tradisi Halloween

Mengenakan kostum-kostum seram menjadi salah satu tradisi yang sering terlihat ketika Halloween. Namun saat ini, orang-orang tidak cuma memakai kostum bertema seram, lho! Tak jarang juga mereka memakai kostum-kostum lucu atau menirukan tokoh tertentu.

Ada juga tradisi trick or treat. Biasanya, di hari Halloween, anak-anak akan berkeliling ke rumah-rumah warga untuk mencari permen. Mereka akan berkeliling sambil membawa keranjang yang nantinya mereka isi dengan berbagai makanan.

Perayaan Halloween di Indonesia

Berbeda dengan perayaan di negara-negara barat. Di Indonesia, tidak ada perayaan khusus ketika hari Halloween tiba. Hal ini wajar saja karena Halloween memang bukan budaya asli Indonesia. Namun meski begitu, tidak sedikit pula orang-orang yang ikut merayakan dengan pesta kostum.

Meskipun tidak semeriah di negara-negara Eropa, momen perayaan Halloween ini tetap terasa hangat karena biasanya dirayakan bersama orang-orang terdekat. Apalagi, tersedia juga makanan-makanan lezat yang menjadikan suasana semakin meriah.

Nah, itu dia pengertian dan asal usul Halloween. Sekarang, sudah tahu kan apa itu Halloween? Jadi, kamu mau merayakan pakai kostum apa nih?

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts