Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 18 Feb 2024 21:25 WIB ·

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas


Ilustrasi Mahasiswa Tertidur di kelas (img: unsplash.com) Perbesar

Ilustrasi Mahasiswa Tertidur di kelas (img: unsplash.com)

Munculnya rasa kantuk secara tiba-tiba saat sedang belajar di kelas memang sangat mengganggu, bukan? Rasa kantuk tersebut membuat pelajaran sulit di pahami, terutama ketika di tambah dengan teguran dari guru. Tidak hanya itu, sulitnya untuk tetap terjaga dan mengatasi kantuk pada waktu yang tidak tepat dapat mengganggu aktivitas belajar kita. Sebelum kantuk semakin menghampiri, mari kita simak beberapa tips atasi rasa kantuk saat di kelas

Tips Atasi Rasa Kantuk dengan Lakukan Peregangan Ringan

Tips Atasi Rasa Kantuk

Ilustrasi Peregangan Ringan (img: axe)

Salah satu penyebab kantuk mungkin disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam sel otak. Otak membutuhkan oksigen dan glukosa untuk berfungsi dengan baik. Melakukan peregangan ringan dapat meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen ke otak. Gerakan seperti memutar badan atau merentangkan tangan dapat membantu mengurangi kantuk.

Tips Atasi Rasa Kantuk dengan Mencari Kesibukan Lain

Ilustrasi Aktivitas Lain di Kelas (img: pexels.com by yan krukau)

Kadang-kadang kantuk di sebabkan oleh rasa bosan. Jika mulai merasa bosan dan cenderung mengantuk, cobalah untuk mencari kesibukan yang melibatkan gerakan tubuh. Misalnya, menggambar atau membuat origami. Namun, pastikan kegiatan tersebut tidak mengganggu kelas atau instruksi dari guru.

Basuh Wajah

Ilustrasi Membasuh Wajah (img: akurat.co)

Membasuh wajah merupakan cara yang cepat untuk menyegarkan diri. Ketika mengantuk, wajah biasanya terlihat lelah. Meminta izin kepada guru untuk pergi ke toilet dan membilas wajah dengan air dingin dapat membantu merasa lebih segar.

Meminta Di cubit

 

Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke toilet, minta teman untuk mencubit kita. Sensasi sakit dari cubitan dapat mengurangi rasa kantuk karena merangsang syaraf-syaraf dan membuat otak merasa lebih terjaga. Namun, pastikan cubitan tidak terlalu keras agar tidak menyakitkan.

Makan Permen

Ilustrasi memakan permen (img: unsplash.com)

Jika di perbolehkan oleh guru, makan permen dapat membantu mengurangi kantuk. Mengunyah permen membuat mulut sibuk dan merangsang otot-otot rahang, sehingga dapat mengurangi kantuk.

Itulah pembahasan mengenai berbagai tips mengatasi rasa kantuk saat berada di dalam kelas. Mengantuk sebenarnya masih bisa kita lawan apabila memiliki waktu tidur yang cukup sehingga anda tidak tertidur ketika guru atau dosen memberikan materinya

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Tips Mengembalikan Semangat Belajar yang Sempat Menurun

25 April 2024 - 20:54 WIB

Ide ngabuburit

Tips Mengembalikan Semangat Kerja Yang Sempat Hilang

25 April 2024 - 20:13 WIB

Tips Mengembalikan Semangat Kerja

Tips Menggunakan Whatsapp Web di Handphone Android

23 April 2024 - 21:42 WIB

Tips Menggunakan Whatsapp Web

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Trending di Tips dan Trik