Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 7 Agu 2022 18:00 WIB ·

Cara Berhenti Begadang, Buat Hidupmu Lebih Sehat


Img: pexels-mikotoraw-photographer Perbesar

Img: pexels-mikotoraw-photographer

Pada malam hari, manusia membutuhkan tidur. Bagaimana jika, alih-alih tidur, kita menghabiskan malam melakukan hal lain? Aktivitas malam hari bisa menjadi kebiasaan, selain mengganggu metabolisme tubuh dan berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan psikis. Begadang akhirnya menjadi kebiasaan, tapi itu tidak baik.

Berhentilah begadang jika kamu ingin hidup lebih baik dan terhindar dari penyakit seperti hipertensi, obesitas, dan depresi. Mungkin sulit jika kamu sudah terbiasa, tetapi kamu bisa membuat perubahan kecil untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

Berkomitmen untuk hidup dan tidur teratur

Buat keputusan untuk berhenti begadang, lalu patuhi itu. Kamu juga dapat mulai membuat jadwal tidur dan bangun. Jika bisa, buatlah daftar manfaat tidak begadang dan simpan di tempat yang sering kamu lihat sehingga kamu akan lebih termotivasi untuk berhenti begadang.

Mengatur pola hidup sehat

Kamu bisa memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan aktivitas fisik seperti jogging pagi, berenang, dan lain-lain. Setiap hari, cobalah untuk berolahraga setidaknya 20-30 menit.

Tidak menggunakan gadget atau alat elektronik lain sebelum tidur

Targetkan atau tuliskan jam berapa kamu ingin tidur, lalu berkomitmen untuk tidak menyentuh ponsel, laptop, atau bahkan menonton televisi selama satu atau dua jam sebelum tidur. Screen time dari perangkat elektronik ini hanya akan menurunkan kualitas tidur kamu.

Tidak mengkonsumsi kafein atau makanan berat sebelum tidur

Berhenti minum kopi atau merokok sebelum tidur karena mengandung kafein. Kamu juga harus menghindari makan dalam porsi besar di malam hari karena dapat menyebabkan obesitas. Makan tiga jam sebelum tidur.

Jika kamu seorang peminum kopi, kamu bisa menggantinya dengan teh chamomile, yang bisa membantu kamu tidur.

Rileks sebelum tidur

Sebelum tidur setelah seharian beraktivitas, sebaiknya kamu rileks. Ada banyak metode untuk menenangkan tubuh dan pikiran, seperti mandi air hangat, membaca buku, berbicara dengan pasangan kamu tentang kekhawatiran kamu (sharing), atau menuliskannya dalam jurnal harian, dan sebagainya.

Membangun suasana yang nyaman saat tidur

Gunakan peralatan tidur seperti kasur empuk, lalu matikan lampu untuk membantu kamu tertidur. Jangan pergi dari kamar tidur jika kamu tidak merasa mengantuk. Jadikan kamar kamu menjadi tempat istirahat yang sangat nyaman sehingga ketika kamu masuk ke sana, kamu akan otomatis tertidur.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack