Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 9 Feb 2023 16:00 WIB ·

Tips Dapat IPK Tinggi di Perkuliahan


Pinterest : @freepik Perbesar

Pinterest : @freepik

Tips dapat IPK Tinggi di Perkuliahan – Indeks Prestasi Kumulatif atau biasa kita kenal dengan IPK. Bagi Mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya IPK. Jika hasil penilaian tiap semester kita sebut dengan IPS (Indeks Prestasi Semester) maka nilai rata-rata nilai keseluruhan itu bisa kita sebut dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Setiap Mahasiswa pastinya selalu berusaha untuk mendapat nilai terbaik tiap semesternya agar dapat memiliki IPK yang memuaskan. Berikut kami dari Tim Media Edukasi akan membagikan beberapa Tips untuk mendapatkan IPK tinggi yang bisa kamu coba!

  1. Perhatikan Nilai Tiap Matakuliah

Dalam tiap semester tentu kita perlu untuk memilih matakuliah yang akan kita ambil. Nilai yang perlu diperhatikan disini juga adalah bobot sks pada setiap matakuliahnya. Yang mana semakin banyak bobot sks matakuliah maka nilai dari matakuliah tersebut akan mempengaruhi nilai IPS dan IPK nantinya. Selain itu perlu juga diperhatikan dalam pengerjaan tugas ataupun ujian seperti UAS,UTS, maupun quiz, karena nantinya akan mempengaruhi nilai akhir. Jangan sampai telat mengumpulkan tugas apalagi tidak mengerjakan sama sekali.

  1. Pelajari Tipe Dosen

Kita bisa bertanya ke senior mengenai dosen yang mengajar. Dengan begitu kita bisa mendapat review bagaimana cara Dosen tersebut mengajar, memberikan nilai, atau jika ada hal-hal tertentu yang perlu kita hindari ketika bertemu Dosen tersebut. Tidak kita pungkiri terkadang ada beberapa dosen yang memiliki ciri khas nya masing-masing dan perlu kita ketahui untuk mengurangi adanya masalah yang merugikan nantinya.

  1. Review Matakuliah

Sebelum memulai perkuliahan ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu materi mengenai matakuliah yang akan kita ambil. Dengan begitu setidaknya kita bisa memiliki sedikit bekal ketika perkuliahan dan akan lebih mudah memahami materi yang Dosen berikan.

  1. Jadi Mahasiswa Aktif

Maksud dari aktif ini adalah aktif di dalam kelas. Baik itu ketika diskusi maupun pertanyaan kepada Dosen. Kenapa hal ini perlu kita lakukan ? tujuannya adalah kebanyakan Dosen akan memberikan nilai tambah kepada mahasiswanya yang aktif di kelas.

  1. Perhatikan Absensi

Dalam perkuliahan setiap matkul biasanya kita memiliki ‘jatah absen’ yang bisa kita gunakan. Akan tetapi sebaiknya kamu gunakan sebaik mungkin jatah absen di kelas tersebut. Biasanya nilai absensi juga bisa mempengaruhi juga nilai akhir dari nilai matkul yang dosen berikan sesuai dengan presentase ketika kontrak kuliah. Maka dari itu akan lebih baik jika kita selalu rajin menghadiri kelas

  1. Jaga Perilaku dan Kesopanan

Point ini sering kita anggap sepele namun sangat penting. Dosen pasti memperhatikan Mahasiswanya. Bahkan tidak segan ada beberapa kasus Dosen yang memberikan nilai kurang jika menemukan Mahasiswa yang kurang sopan. Maka dari itu pentingnya kita untuk menjaga tingkah laku, ucapan, cara berkomunikasi baik secara langsung atau via chat, dan kerapian tampilan ketika di kelas tetap harus kita perhatikan.

  1. Akrab Dengan Dosen

Selanjutnya adalah kita akrab dengan dosen, maksudnya adalah kita membuat dosen mengenal kita, baik itu karena keaktifan di kelas, project bersama Dosen, dan lain sebagainya. Pastinya dengan memberikan kesan yang baik. Namun perlu kita ingat juga harus paham batasan untuk berinterkasi dengan Dosen. Dengan kita dikenal oleh dosen, maka tidak menutup kemungkinan bisa meluluhkan Dosen.

  1. Buat Kelompok Belajar

Ketika kita mendapat kesulitan dalam mengerjakan tugas atau memahami suatu materi, ada baiknya kita memiliki teman diskusi. Dengan begitu kita bisa saling berkembang bersama dengan bertukar pikiran. Membuat lingkungan sekitar kita nyaman dan produktif juga akan membantu kita untuk bisa berkembang lebih baik.

 

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu juga sudah menerapkan beberapa Tips dapat IPK Tinggi di Perkuliahan diatas ?. Untuk kalian yang masih belum mencobanya dan masih berusaha untuk meningkatkan nilai IPK semoga lekas berhasil ya, ingat seberusaha apapun kita dalam belajar juga jangan lupa sertai Doa agar melancarkan segala urusan yang kita jalani.

 

Salam,

Tim Media Edukasi

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Packer Adalah: Pengertian, Tugas, dan Persyaratannya

28 Mei 2024 - 21:02 WIB

Packer Adalah

Kuliah Kerja Nyata: Pengertian, Tujuan & Manfaatnya

27 Mei 2024 - 22:05 WIB

Kuliah Kerja Nyata

Transkrip Nilai: Pengertian, Fungsi dan Cara Mendapatkannya

27 Mei 2024 - 21:40 WIB

Kendala Yang Sering Dialami

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Kunci Sukses Membangun Karir di Industri Kesenian

25 Mei 2024 - 22:33 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Trending di Tips dan Trik