Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 12 Apr 2023 12:00 WIB ·

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan


Img: pexels-towfiqu-barbhuiya Perbesar

Img: pexels-towfiqu-barbhuiya

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan –Radang tenggorokan akut, juga terkenal sebagai faringitis akut, ditandai dengan gejala sakit tenggorokan. Gejala tersebut seringkali karena infeksi virus, seperti virus Corona yang saat ini pernah mewabah. Sebaliknya, infeksi bakteri menyebabkan sakit tenggorokan.

Radang tenggorokan paling sering kita temukan di bagian belakang tenggorokan, atau faring, dan dalam dunia medis sebagai faringitis. Selain itu, dapat menyebabkan radang amandel (tonsilitis), radang atau pembengkakan kelenjar adenoid di hidung, atau radang pita suara (radang tenggorokan) ini seringkali mulai dengan suara serak. Kondisi ini sering muncul bersamaan.

Pada kebanyakan kasus, radang tenggorokan dapat membaik dalam waktu 5 sampai 10 hari tanpa pengobatan. Radang akut biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Saat kamu mengalami radang tenggorokan, hindari melakukan hal-hal yang akan memperparah atau memperburuknya, seperti merokok atau makan makanan yang renyah dan berminyak.

Tips Mengatasi Radang Tenggorokan

Selanjutnya, langkah-langkah berikut dapat membantu mengurangi keparahan radang tenggorokan:

Perbanyak minum air

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat memperparah gejala radang tenggorokan. Minuman hangat seperti teh bunga krisan atau campuran lemon tea dan madu juga bisa kita konsumsi untuk membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.

Berkumur dengan air garam

Tindakan ini orang percaya efektif untuk mengurangi keluhan radang tenggorokan. Berkumurlah dengan campuran setengah cangkir air dan seperempat sendok garam 2 sampai 3 kali sehari. Hindari melakukan aktivitas ini dengan anak-anak yang terlalu kecil atau yang tidak bisa meludah.

Tidak merokok

Jika kamu merokok, sebaiknya kamu segera berhenti. Ini akan membantu, terutama jika peradangan terjadi karena infeksi. Berhenti merokok akan mempercepat proses penyembuhan.

Konsumsi makanan halus

Sementara itu, pilihlah makanan lunak yang tidak mengiritasi atau melukai tenggorokan yang meradang. Pastikan sup, bubur ayam, atau nasi kukus tidak terlalu panas.

Penderita disarankan untuk istirahat yang cukup sambil mempraktekkan cara-cara yang telah diuraikan di atas untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan akut. Hal ini diperlukan untuk membantu tubuh melawan sumber radang sekaligus mengatasi gangguan tenggorokan ini. Jangan takut untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang kamu perlukan atas gejala yang kamu alami.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan