Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 15 Sep 2022 20:39 WIB ·

Coba Tips Ini Untuk Kurangi Rambut Rontok


Img: pexels-bennie-lukas-bester- Perbesar

Img: pexels-bennie-lukas-bester-

Banyak perubahan terjadi pada tubuh kamu seiring bertambahnya usia, termasuk perubahan pada rambut kamu. Warna dan tekstur rambut secara alami akan berubah seiring waktu. Selanjutnya, rambut memiliki siklus hidup yang lebih pendek dan lebih mudah rontok.

Selain usia, wanita dan pria kehilangan rambut karena berbagai alasan, termasuk keturunan, gangguan endokrin, gangguan tiroid, penurunan dukungan hormon, dan kekurangan nutrisi.

Menopause adalah penyebab utama kerontokan rambut pada wanita karena hormon yang merangsang folikel berkurang. Beberapa folikel rambut berhenti memproduksi rambut baru sepenuhnya sebagai akibat dari penuaan dan perubahan lingkungan. Serat rambut menjadi lebih tipis dan rontok seiring waktu. Sayangnya, rambut tidak akan tumbuh kembali.

Seiring bertambahnya usia, rambut kita kehilangan pigmen alaminya, menyebabkannya menjadi beruban. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa langkah sederhana untuk menghindari rambut rontok:

Tidak terlalu sering keramas

Frekuensi keramas kamu tergantung pada jenis rambut kamu. Namun, terlepas dari jenis rambut, keramas terlalu sering dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Dr. Bergfeld merekomendasikan keramas setidaknya dua kali dalam seminggu. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu, seperti normal, berminyak, atau kering.

Menggunakan produk perawatan rambut

Kondisioner sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut setelah keramas. Kondisioner adalah item perawatan rambut yang harus dimiliki. Ini membantu melembabkan dan mengembalikan kilau rambut sekaligus mengisi kembali minyak alami yang hilang selama keramas. Setelah itu, gunakan hair developer untuk membantu menguatkan setiap helai rambut dan menambah volume.

Menggunakan produk yang sesuai kondisi rambut dan kulit kepalamu

Jika kamu memutuskan untuk mewarnai rambut kamu, pergilah ke penata rambut terbaik di daerah kamu. Seorang profesional dapat membantu kamu menentukan pewarna yang paling aman untuk jenis rambut kamu. Dan dapat merekomendasikan sampo, kondisioner, dan produk rambut lainnya yang dirancang khusus untuk rambut yang diwarnai.

Kamu juga dapat menghindari penggunaan produk penata rambut seperti pengering rambut, tongkat pengeriting, dan pelurus rambut. Meskipun penampilan kamu mungkin berubah untuk waktu yang singkat, mengurangi penggunaan alat penata rambut seperti satu atau dua hari dalam seminggu akan membantu memulihkan kondisi rambut kamu dari kerusakan.

Jika kamu harus menggunakan produk penataan rambut, gunakan pelindung panas pada rambut kamu terlebih dahulu. Produk pelindung panas membentuk penghalang antara produk penataan rambut yang dipanaskan dan rambut, sehingga sebaiknya gunakan pelembab rambut untuk menjaganya tetap halus.

Makanan kaya protein

Kamu bisa mengurangi kerontokan rambut dengan mengonsumsi makanan kaya protein. Pertama dan terpenting, menurut Dr. Bergfeld, pastikan kebutuhan diet kamu terpenuhi. Seiring bertambahnya usia, nafsu makan kamu mulai berkurang, menyebabkan kamu makan dalam porsi yang lebih kecil dan mungkin menderita kekurangan nutrisi.

Karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein, jangan berhemat pada nutrisi penting ini. Rambut rontok berkaitan dengan kekurangan protein. Dr. Bergfeld merekomendasikan agar wanita makan sedikit daging merah rendah lemak beberapa kali seminggu untuk menjaga kesehatan rambut mereka.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack