Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 9 Nov 2023 16:16 WIB ·

Tips Wawancara Kerja Yang Perlu Dipahami Oleh Fresh Graduate


Ilustrasi Interview (img: pexels.com by tima miroshnichenko) Perbesar

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by tima miroshnichenko)

Wawancara kerja adalah langkah penting dalam proses rekrutmen yang dapat menentukan apakah Anda akan berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Bagi sebagian orang, wawancara kerja bisa menjadi momen yang menegangkan, tetapi dengan persiapan yang baik dan beberapa tips yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips penting untuk sukses dalam wawancara kerja.

Pahami Profil Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Tips Wawancara Kerja

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by alex green)

Sebelum wawancara, pelajari sebanyak mungkin mengenai profil perusahaan serya posisi yang Anda lamar. Ketahui visi, misi, nilai-nilai, produk, dan sejarah perusahaan. Hal tersebut akan membantu anda dalam memberikan jawaban yang lebih relevan dan menunjukkan minatnya pada perusahaan tersebut. Karena biasanya, pihak rekruter akan menanyakan kepada pelamar sejauh mana anda mengetahui perusahaan dan posisi yang anda lamar.

Mempersiapkan Jawaban untuk Pertanyaan Umum

Tips Wawancara Kerja

Ilustrasi Interview (ing: pexels.com by sora shimazaki)

Ada beberapa pertanyaan wawancara yang umumnya seringkali muncul, seperti misalnya “Ceritakan tentang diri Anda” atau “Apa kelebihan dan kelemahan Anda?” Oleh karena itu, baiknya anda persiapkan jawaban yang baik dan relevan sebelumnya. Ini akan membantu Anda menghindari kebingungan saat di wawancarai. Terlebih lagi tahapan ini menjadi penentu layak atau tidaknya anda bekerja di perusahaan tersebut

Praktekkan Jawaban Anda

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by sora shimazaki)

Selanjutnya, cara yang perlu anda gunakan sebelum memasuki hari interview ialah dengan berlatih baik itu dengan rekan anda atau keluarga ands, bahkan anda bisa melakukannya seorang diri secara dengan merekam diri sendiri atau berlatih melalui cermin. Hal tersebut dapat membantu anda untuk memperbaiki pengucapan, intonasi suara, dan ekspresi wajah anda apabila di rasa kurang pas.

Tips Wawancara Kerja dengan Mengenakan Pakaian Formal

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by tima miroshnichenko)

Kenakan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Penampilan yang rapi dan profesional selalu penting dalam menciptakan kesan yang baik. Biasanya, pihak rekruter meminta pelamar menggunakan pakaian formal seperti kemeja dan celana panjang hitam serta menggunakan sepatu vantofel yang biasa di pakai oleh sebagian besar pelamar kerja.

Datang Tepat Waktu

Tips Wawancara Kerja

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by mart production)

Berikutnya, pastikan anda sudah tiba di lokasi wawancara dengan tepat waktu. Selain itu, sebelum mengunjungi kantor tempat anda interview tidak ada salahnya anda untuk survey terlebih dahulu lokasinya tepatnya. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu canggung ketika melewati jalan yang akan anda lalui. Tiba terlalu awal bisa membuat Anda tampak terlalu bersemangat, sedangkan tiba terlambat bisa menciptakan kesan negatif.

Pertanyaan yang Tepat

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by tima miroshnichenko)

Umuknya, pihak rekruter akan memberi kesempatan kepada pelamar untuk bertanya, ajukan pertanyaan yang menunjukkan minat Anda pada perusahaan dan posisi yang anda lamar. Hal tersebut akan membantu anda agar memberikan kesan positif di mata pihak rekruter.

Berikan Contoh konkret

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by andrea piacquadio)

Ketika menjelaskan pengalaman atau keahlian Anda, berikan contoh konkret yang menunjukkan bagaimana Anda telah menghadapi tantangan atau mencapai kesuksesan dalam pekerjaan sebelumnya.

Sikap Tubuh

Ilustrasi Interview (img: pexels.com by edmond dantes)

Perhatikan sikap tubuh Anda selama wawancara. Tatap mata pewawancara, berikan senyuman yang tulus, dan hindari gestur-gestur yang mengganggu.

Tips Wawancara Kerja dengan Menjaga Kepercayaan Diri

Ilustrasi Interview Online (img: pexels.com by anna shvets)

Kepercayaan diri perlu anda miliki khususnya ketika menghadapi wawancara kerja. Oleh karena itu, jagalah kepercayaan diri anda tetapi hindari hal-hal yang sifatnya terlalu berlebihan. Tunjukkan bahwa anda adalah kandidat yang percaya diri dan siap untuk tugas yang dihadapi apabila di terima bekerja di perusahaan incaran anda.

Tips Wawancara Kerja dengan Lakukan Follow-Up

Setelah wawancara, biasanya pihak rekruter meminta kepada pelamar untuk menunggu informasi kelanjutan lamaran kerja selama satu pekan atau dua pekan. Apabila melewati batas tersebut, segera lakukan follow up kepada rekruter untuk mengetahui kelanjutan lamarannya. Caranya, bisa melalui chat atau email dan jangan lupa untuk kirimkan catatan terima kasih kepada pewawancara sebagai tanda penghargaan atas waktu mereka. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menegaskan minat Anda pada posisi tersebut.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda dalam wawancara kerja. Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan untuk mengenalkan diri Anda dan meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang Anda lamar. Semoga tips ini membantu Anda mencapai kesuksesan dalam wawancara kerja Anda.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Cara Mengenali Bakat dalam Diri Pribadi, Wajib Tahu!

25 Mei 2024 - 23:08 WIB

Tips Sukses Kuliah di Jurusan Teknik, Tertarik?

25 Mei 2024 - 21:29 WIB

Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

20 Mei 2024 - 22:28 WIB

Tips Memilih kegiatan ekstrakurikuler

Tips Menjalani Masa Probation yang Perlu Anda Ketahui

9 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tips Menjalani Masa Probation

Tips Menjadi Content Creator untuk Pemula, Di Jamin Cuan!

7 Mei 2024 - 22:14 WIB

Tips Menjadi Content Creator

Tips Hemat Budget Kuliah versi TelUtizen

7 Mei 2024 - 21:09 WIB

Sistem Ekonomi Campuran
Trending di Tips dan Trik