Jadwal yang padat bisa membuat lelah. Baik fisik maupun psikis yang melelahkan. Tidak selalu mudah untuk menyeimbangkan rutinitas kerja dan aspek kehidupan lainnya (work life balance). Ada banyak kendala yang harus kita hadapi dan atasi untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja.
Bagi mereka yang saat ini sedang berjuang untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja, 5 cara di bawah ini bisa menjadi awal work life balance yang baik, lho! Simak yuk!
Lebih Rutin Bangun Pagi
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 dengan judul Quality of sleep and anxiety are related to circadian preference pada mahasiswa, menyebutkan bahwa kebiasaan bangun pagi memberikan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang, salah satunya meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan mental. mengurangi kecemasan. Jika selama ini masih sulit untuk mewujudkan work life balance, kamu bisa mencoba memulainya dengan membangun rutinitas pagi yang lebih baik.
Miliki Buku Jurnal atau Agenda Rutinitas
Lifehack.org mendefinisikan menemukan keseimbangan hidup sebagai “menemukan titik sentral, tempat di mana kita merasa damai, fokus pada saat ini, dan bahagia.” Untuk menemukan titik itu, pertama-tama kita harus memiliki gambaran kita sendiri tentang seperti apa kehidupan yang seimbang itu. Kita bisa memulainya dengan membuat daftar kegiatan atau rutinitas yang sudah kita kenal. Memiliki buku khusus, seperti jurnal atau buku agenda, dapat membantu kita melakukan berbagai aktivitas dengan lebih fokus.
Luangkan Waktu Menghirup Udara Segar
Buatlah jadwal khusus untuk istirahat atau menghirup udara segar sesekali. Kamu dapat melakukan perjalanan singkat ke lokasi baru atau alam terbuka untuk mendapatkan udara segar. Bepergian dan berada di dekat alam mendorong orang dewasa yang lebih tua untuk menjadi lebih aktif secara fisik, spiritual, dan sosial, yang semuanya sangat berkontribusi untuk menjaga kualitas hidup dan dengan demikian memperlambat proses penuaan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health & Place.
Kerjakan Tugas Satu per Satu
Semakin banyak kita multitasking, semakin stres kita. Untuk melakukannya, kita harus berlatih memprioritaskan. Sebelum beralih ke hal lain, prioritaskan tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Memecahkan masalah satu per satu. Ini mungkin tidak sesederhana teorinya, tetapi bisa dicoba jika kamu ingin menjalani hidup yang lebih seimbang tanpa stres.
Kurangi Kebiasaan Overthinking
Kita terkadang terlalu cepat berpikir berlebihan karena kita menginginkan dan mengharapkan segala sesuatunya sempurna, meskipun terkadang kita melakukan kesalahan dan gagal. Pertama-tama kita harus mengenali kekuatan dan kelemahan kita sendiri. Mencoba melakukan yang terbaik sambil menyerah atau melepaskan hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan.
Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!