Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Tips dan Trik · 20 Jun 2022 19:56 WIB ·

Kurangi Sakit Punggung Dengan 5 Trik ini!


Kurangi Sakit Punggung Dengan 5 Trik ini! Perbesar

Apakah kamu sering menderita sakit punggung dan pinggang? Sakit tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain postur duduk yang salah, mengangkat benda berat, trauma karena jatuh, dan lain-lain.

Jangan khawatir, ini bukan akhir dunia. Ikuti cara alami meredakan sakit punggung menyiksa yang bisa dilakukan di rumah. Mari kita coba!

Perhatikan postur tubuh saat beraktivitas

Ingatlah untuk menghindari memegang postur statis untuk waktu yang lama. Berikan perhatian khusus pada persendian, otot tulang belakang, dan pinggul kamu. Bagaimana tekanan dan kelelahan di area tersebut dapat dikurangi?

Triknya adalah bangun dan berjalan-jalan setiap jam atau lebih untuk menghilangkan beban dari disk. Lakukan peregangan sebentar dengan mengangkat tangan, menggerakkan leher, memutar bahu, atau memiringkan tubuh ke kiri dan kanan.

Jika tidak, postur tubuh yang buruk akan memperburuk masalah punggung dan nyeri. Kurangi aktivitas berat dan istirahat sejenak jika nyeri terjadi.

Tidur nyenyak bisa membuat tubuh segar kembali

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Clinical Journal of Pain tahun 2011 berjudul “Nyeri Punggung Bawah Kronis, Gangguan Tidur, dan Interleukin”, tidur malam yang nyenyak akan mengurangi nyeri punggung.

Memang benar, kualitas dan durasi tidur yang baik memiliki banyak keuntungan. Seperti membuat tubuh terasa segar, mengurangi stres, dan meningkatkan penyembuhan.

Regangkan sendi dengan yoga

Yoga dapat dilakukan di mana saja dan tidak membutuhkan banyak uang. Keuntungannya sangat banyak, termasuk meningkatkan kesehatan otot dan sendi, meregangkan punggung, meningkatkan fleksibilitas tulang belakang, dan banyak lagi.

Mulailah dengan peregangan perlahan dan maju saat kamu merasa nyaman. Yoga harus dilakukan di pagi hari untuk merilekskan tulang belakang dan mengurangi kekakuan dan nyeri punggung.

Menurut Healthline, beberapa pose yoga direkomendasikan untuk mengatasi sakit punggung. Misalnya downward-facing dog, sphinx pose, extended triangle, bridge pose, dan masih banyak lagi.

Konsumsi minuman antiinflamasi

Kamu adalah apa yang kamu konsumsi. Makanan dan minuman anti inflamasi dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan reaksi inflamasi dalam tubuh. Apa saja contoh spesifiknya?

Salah satunya adalah minuman kunyit. Menurut penelitian yang dikutip oleh Seniors BlueBook, kunyit dapat membantu meredakan nyeri punggung atas dan bawah. Ini karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi kunyit.

Cobalah jahe sebagai pengganti kunyit. Jahe telah digunakan selama ribuan tahun sebagai agen anti-inflamasi untuk mengobati sakit kepala, nyeri otot, radang sendi, dan mual.

Mandi dengan air hangat

Apakah kamu merasa sakit punggung? Mandi air hangat akan membantu kamu merasa lebih baik. Menurut Spesialis Sakit Louisiana, efek relaksasi dari air hangat dapat membantu dengan rasa sakit dan nyeri.

Air hangat meningkatkan aliran darah ke otot dan persendian yang tegang. Kehangatannya membantu relaksasi otot, mempercepat penyembuhan jaringan, dan mengurangi kejang otot.

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Ramadhan 2024: Berikut Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

21 Februari 2024 - 20:05 WIB

Ramadhan 2024

Tips Atasi Rasa Kantuk Saat Di Dalam Kelas

18 Februari 2024 - 21:25 WIB

Tips Atasi Rasa Kantuk

Definisi Mencangkok Tanaman dan Langkah-Langkahnya

15 Februari 2024 - 20:36 WIB

Definisi Mencangkok Tanaman

Tata Krama Saat Berbicara Seperti Apa? Simak Di Sini!

13 Februari 2024 - 22:03 WIB

Tata Krama Saat Berbicara

Tips Meningkatkan Kontribusi Mahasiswa Dikampus

3 Februari 2024 - 23:03 WIB

Tips Meningkatkan Kontribusi

Tips Atasi Stress Ketika Belajar, Sudah Mencoba?

25 Januari 2024 - 15:29 WIB

Tips Atasi Stress
Trending di Tips dan Trik