Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 12 Jun 2022 22:28 WIB ·

5 Trik Psikologi yang Bisa Kamu Gunakan di Kehidupan Sehari-hari


Img: pexels/cottonbro Perbesar

Img: pexels/cottonbro

Ada berbagai trik psikologi yang dapat kamu gunakan untuk mengelola atau mengendalikan situasi. Terkadang, beberapa orang tidak sadar ketika kita melakukan sesuatu untuk mengendalikan mereka. kamu tidak perlu melakukan sesuatu dengan terang-terangan untuk menolak situasi yang tidak kamu inginkan.

Yuk, simak trik psikologi sederhana dari Bright Side berikut ini:

Jika seseorang tidak berhenti bicara dan mendominasi percakapan, jatuhkan sesuatu

Jatuhkan apapun itu seperti kunci, bolpoin, atau sedotan. Ketika melihat barang terjatuh seseorang akan berhenti berbicara sejenak. Saat seperti itu ambil barang yang terjatuh tersebut sambil mulailah berbicara. Hal ini bisa kamu lakukan untuk menginterupsi pembicaraan tanpa mereka menyadari.

Bila malas berdebat, duduklah di sebelah orang yang kamu anggap trouble maker

Menurut psikologi, seseorang akan lebih sulit untuk bersikap agresif pada orang yang berada di samping daripada seseorang yang duduk di depan mereka. Meski kurang suka duduk di sebelah mereka, cara ini lebih efektif karena trouble maker cenderung lebih sering menghadap ke depan daripada ke samping jadi posisi ini lebih aman untuk menghindari konflik.

Kontak mata saat bernegosiasi

Setelah kamu selesai berbicara selama negosiasi, cukup tatap mata orang dan tunggu dalam diam. Tatapan kamu yang penuh tekad akan secara positif mempengaruhi persepsi orang lain tentang apa yang baru saja kamu katakan. Jika kamu kehilangan kontak mata setelah momen-momen intens ini, kamu akan melihat hilangnya minat setelah beberapa saat.

Tidak ada yang memperhatikanmu terlalu intens

Kita terbiasa berkonsentrasi pada diri sendiri dan ketika kita tidak terlihat sangat siap, kita akan berpikir bahwa semua orang memperhatikan, dan merasa sangat tidak percaya diri saat di mall atau restoran. Tetapi pada kenyataannya, ini tidak benar. Keadaan ini disebut spotlight effect. Kita melebih-lebihkan pentingnya penampilan dan tindakan untuk dilihat orang lain. Jadi sebenarnya itu hanya perasaanmu saja, tidak ada yang memerhatikan sepatumu yang sedikit berlumpur kok!

 

Ajukan 2 pilihan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan

Jika kamu membutuhkan seseorang untuk memilih atau melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin mereka lakukan, ajukan saja pertanyaan yang tepat. Jangan tanyakan apakah mereka akan melakukannya atau tidak. Sebaliknya menawarkan mereka 2 pilihan.

Misalnya, kamu perlu mendapatkan laporan dari rekan kerja kamu. Jangan tanya mereka apakah mereka akan membawanya atau tidak. Tanyakan kepada mereka kapan mereka dapat memberikannya kepada kamu: besok atau dalam beberapa hari. Ini adalah bagaimana orang merasa bahwa mereka penting dan mendapatkan ilusi kendali atas suatu situasi.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack